/*/*]]>*/

Hong Kong

Sekilas Tentang Hong Kong


Hong kong adalah kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan lau Tiongkok Selatan. Hong Kong terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami, dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi (sekitar 7 juta jiwa pada lahan seluas 1.104 km2). Populasi Hong Kong saat ini terdiri dari 93.6 % etnis Tionghoa.


Tentang Hong Kong

ConradSeoul Location Landscape

Hong kong adalah kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan lau Tiongkok Selatan. Hong Kong terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami, dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi (sekitar 7 juta jiwa pada lahan seluas 1.104 km2). Populasi Hong Kong saat ini terdiri dari 93.6 % etnis Tionghoa. Sebagian besar dari penduduk Hong Kong yang berbahasa Kanton berasal dari provinsi Guangdong, di mana penduduk dengan keterampilan melarikan diri ketika pemerintah komunis mengontrol Tiongkok tahun 1949.

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

Sejarah Hong Kong

Wilayah Hong Kong diperkirakan sudah mulai ditinggali manusia sejak zaman Neolitikum namun baru dikenal secara luas saat Hong Kong diserahkan kepada Britania Raya setelah Perang Opium pada abad ke-19. Sebelumnya pada 1513, pelaut Portugis Jorge Álvares, menjadi orang Eropa pertama yang mengunjungi Hong Kong.

Setelah kekalahan Tiongkok di Perang Opium Pertama (1839–1942) dari Kerajaan Inggris, Hong Kong menjadi koloni Inggris dengan diserahkannya Pulau Hong Kong, kemudian diikuti Semenanjung Kowloon tahun 1860 dan penyewaan 99 tahun New Territories tahun 1898. Setelah diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia II (1941–1945), Inggris kembali mengontrol Hong kong hingga 30 Juni 1997. Sebagai hasil dari negosiasi antara Tiongkok dan Inggris, Hong Kong diserahkan ke Republik Rakyat Tiongkok melalui Deklaratasi Bersama Sino-Inggris tahun 1984. Kota ini menjadi Daerah Administratif Khusus pertama di Tiongkok melalui asas "satu negara, dua sistem".

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Hong Kong

Musim angin topan dimulai dari bulan Mei sampai akhir bulan September. Biasanya pemerintah akan memberikan sinyal peringatan di siaran Radio dan TV jika badai atau angin topan mendekat. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai cuaca di Hong Kong dengan mengunjungi situs badan pengamatan Hong Kong.

 

Iklim di Hong Kong

Bagi kalian yang ingin melakukan wisata di Hong Kong, ada baiknya kalian perlu tahu cuaca dan iklim di Hong Kong sebelumnya. Iklim di Hong Kong itu bersifat sub-Tropis dimana anda hanya bisa merasakan cuaca yang hangat dan sedang. Kabar buruknya cuaca disana tidak bisa di prediksi. Tetapi satu-satunya cuaca yang bisa terprediksi dan dapat memberikan sinyal yang signifikan untuk rencana perjalanan anda adalah Angin Topan.

 

Disneyland Hong Kongl

Tempat Wisata Hong Kong

Hong Kong Disneyland

Bila anda ingin berwisata di Hong Kong sambil membawa anak-anak anda, Hong Kong Disneyland adalah pilihan yang tepat. Hong Kong Disneyland adalah Disneyland ketiga yang ada di dunia yang termasuk Disneyland paling dekat dengan negara kita. Tentunya anda bersama keluarga tidak perlu bepergian jauh sampai ke Amerika untuk menikmati Disneyland. Mulai beroperasi pada tahun 2005, Hong Kong Disneyland menawarkan berbagai atraksi dan wahana yang memberikan keceriaan bagi anak-anak anda. Apabila anda datang ke Hong Kong Disneyland sampai menjelang tutup, anda akan bisa menikmati pertunjukan kembang api yang selalu di pertontonkan ketika taman ini menjelang waktu tutup. Harga tiket masuk untuk Hong Kong Disneyland berkisar HK$ 320 untuk anak-anak berusia 3 - 11 tahun dan HK$ 450 untuk orang dewasa. Untuk anda yang ingin mengunjungi Hong Kong Disneyland anda tidak perlu pusing soal transportasi. Anda hanya perlu naik MTR melalui Sunny Bay Station lalu melanjutkan naik MTR menuju Disneyland Resort Station.

Mongkok

Untuk anda yang senang berwisata belanja di Hong Kong, Tempat ini adalah jawabannya. Mongkok atau yang sering disingkat MK adalah sebuah distrik yang terkenal sebagai surganya berbelanja untuk wisatawan yang berkunjung di Hong Kong. Ini adalah salah satu tempat favorit wisata di Hong Kong yang pastinya anda tidak boleh untuk melewatkannya. Disini menjual berbagai macam souvenir cantik untuk dibawa pulang ke tanah air yang harganya pun cukup murah. Selain barang-barang yang dijual, ternyata di Mongkok juga menawarkan berbagai macam street food yang senantiasa mengisi perut anda ketika selesai berbelanja souvenir untuk keluarga di rumah.

Victoria Peak

Jika anda ingin menikmati suasana malam di Hong Kong, anda wajib mengunjungi Victoria Peak. Victoria Peak dikenal sebagai titik paling tinggi yang ada di Hong Kong Island. Selain anda menikmati suasana malam disana, anda bisa sambil berbelanja di The Peak Tower dan The Peak Galleria. Salah satu alasan kenapa anda harus berwisata di Hong Kong karena anda harus merasakan naik The Peak Tram. Bagi yang belum tahu, The Peak Tram adalah kereta kabel asia yang pertama yang sudah beroperasi sekitar tahun 1888-an.

Ocean Park

Salah satu alternative liburan keluarga untuk berwisata di Hong Kong adalah Ocean Park. Ocean Park adalah wahana taman laut yang menunjukan pameran hewan, atraksi wahana dan bermacam-macam pertunjukan yang terbesar di Hong Kong. Ocean Park sendiri dibuka pada tahun 1977 dan dibangun di area seluas 17 Hektare. Terdapat dua kawasan di dalam Ocean Park ini yaitu, The Waterfront dan The Summit. Untuk berpindah dari satu kawasan ke kawasan lain, anda tinggal menaiki cable car atau kereta Ocean Express. Atraksi yang paling favorit dikalangan anak-anak adalah atraksi Grand Aquarium. Di wahana ini anda bisa sambil mengedukasi anak anda untuk mengetahui langsung bagaimana kehidupan dibawah laut. Selain itu atraksi Ocean Theater juga sangat menarik, karena disana anda bersama keluarga bisa melihat atraksi yang dilakukan oleh lumba-lumba pintar. Tiket dari Ocean Park sendiri berkisar HK$ 140 untuk anak-anak dan HK$ 280 untuk orang dewasa. Tiket yang cukup terjangkau pastinya membuat anda kebingungan dalam menentukan tempat wisata di Hong Kong yang ingin anda kunjungi.

Stanley Market

Selain Mongkok, wisata belanja di Hong Kong lainnya adalah Stanley Market. Bagi anda yang mempunyai badan yang berukuran agak besar tidak usah pusing untuk tidak mendapatkan pakaian yang cocok untuk menjadi buah tangan. Di Stanley Market memang mengkhususkan menjual pakaian yang berukuran besar. Suasana di pesisir pantai Stanley Beach membuat anda lebih rileks dan santai untuk berbelanja keperluan anda. Stanley Beach ini adalah salah satu tempat paling favorit wisatawan di Hong Kong. Stanley beach and Market terletak di Stanley Village yang terkenal sebagai perkampung nelayan  yang ada di Hong Kong. Disana anda bisa menikmati hamparan pasir Stanley Beach yang putih dan kapal-kapal nelayan yang bersandar di tepian pantai untuk melengkapi anda berwisata belanja di Hong Kong.

 

Stinky Tofu

Makanan Khas Hong Kong

Sate Gurita

Di Indonesia anda dapat menemui pedagang sate di pinggir jalan. Sate yang biasanya dijajakkan yaitu sate ayam, sate kambing sampai sate kelinci. Tidak demikian dengan makanan khas Hong Kong yang satu ini. Yap, Sate Gurita. Jangan heran jika anda ke Hong Kong dengan mudahnya mendapatkan sate gurita ini di pusat-pusat jajanan yang ada di Hong Kong. Makanan ini cukup menarik karena tidak bisa kita jumpai di Indonesia. Tenang saja rasa sate gurita ini sangat enak karena sudah di rebus terlebih dahulu serta di panggang menggunakan bumbu khusus yang pastinya sangat menggoda lidah wisatawan.

Stinky Tofu

Ini adalah salah satu makanan khas Hong Kong yang cukup menarik. Dari namanya saja sudah membuat kita penasaran apa itu Stinky Tofu. Stinky Tofu adalah jajanan yang terdiri dari tahu yang telah direndam oleh air garam, susu, sayuran dan variasi daging selama beberapa jam atau bahkan beberapa bulan sehinggan menimbulkan bau yang sangat khas. Oleh karena itu jajanan ini dinamakan Stinky Tofu. Cara menyajikan Stinky Tofu adalah dengan cara digoreng lalu ditambahkan saus pedas untuk lebih menggugah selera wisatawan.

Wonton Noodles

Bila anda datang ke Hong Kong pada musim yang sejuk, anda harus mencoba makanan khas Hong Kong ini. Namanya Wonton Noodles. Makanan ini sejenis bakmi ala Indonesia, tapi dikemas dengan bumbu-bumbu khas makanan Hong Kong. Tetapi bagi anda yang beragama muslim harus berhati-hati dalam membeli wonton noodles, karena di Hong Kong banyak yang menyajikan wonton noodles dengan menggunakan daging Babi alias Pork. Sebaiknya anda cari tahu dahulu terbuat dari apakah Wonton Noodles yang anda beli.

 

incheon airport

Transportasi di Hong Kong

Jika anda ingin wisata di Hong Kong alangkah baiknya perhatikan terlebih dahulu transportasi yang ada di Hong Kong. Untuk tau lebih lanjut mari kita baca info mengenai Transportasi di Hong Kong.

Airport Express

Airport Express adalah salah satu transportasi di Hong Kong yang dapat ditemui setelah keluar dari Hong Kong International Airport. Airport Express adalah semacam kereta cepat sejenis MTR di Singapore. Harga tiket untuk Airport Express menuju Kowloon adalah HK$ 90, sedangkan menuju Causewaybay adalah HK$ 100. Kelebihan dari Airport Express adalah waktu tempuh yang terbilang sangat cepat. Sekitar 30 menit dari Airport menuju dua wilayah tersebut. Berbeda halnya dengan Airport Bus yang lebih lama dalam waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

Airport Bus

Airport Bus adalah sarana Transportasi Di Hong Kong yang menghubungkan Airport dengan wilayah-wilayah lainnya. Hampir sama dengan Airport Express, tetapi bentuk transportasi ini adalah semacam bus besar yang membawa banyak penumpang. Berbeda dengan di Indonesia, Airport Bus di Hong Kong memiliki fasilitas yang sangat nyaman. Kursi yang bagus, tempat yg cukup luas untuk menaruh barang dan pastinya sangat bersih. Harga tiket Airport bus berkisar HK$ 40, jauh lebih murah dibanding Airport Express. Tetapi yang pasti waktu tempuh yang dilalui Airport Bus lebih lama 30 menit daripada Airport Express.

MTR (Mass Railway Transit)

Transportasi di Hong Kong lainnya adalah MTR. MTR adalah sejenis kereta api cepat yang biasanya ditemui di luar negeri seperti di Singapore dan negara lainnya. Menggunakan MTR dinilai cukup efisien, dikarenakan tiketnya yang tidak terlalu mahal dan mampu menjangkau hampir semua wilayah Hong Kong. Tetapi ada satu yang mesti anda perhatikan. Ketika anda masuk ke kawasan stasiun MTR, maka anda harus siap-siap berjalan kurang lebih 1KM untuk menaiki MTR tersebut, Ini dikarenekan stasiunnya yang sangat jauh dan cukup membuat kaki kita terasa pegal. Anda juga harus memperhatikan pintu keluar MTR yang sangat banyak. Jangan sampai anda tersesat di Transportasi kesukaan warga Hong Kong ini ya.

Tram Ding Ding

Tram Ding Ding adalah salah satu Transportasi di Hong Kong yang cukup unik. Tranportasi ini hanya ditemukan di kawasan Hong Kong Island. Rutenya pun cukup mudah karena hanya terbagi oleh dua rute, yaitu rute East dan rute West. Tram Ding Ding memang tranportasi yang sudah dianggap kuno oleh sebagian orang Hong Kong karena tranportasi ini sudah dipakai dari 1 abad yang lalu. Tetapi bagi sebagian orang lainnya, Tram Ding-Ding dinilai sebagai transportasi yang murah dan merakyat melihat tarif per jalannya berkisar HK$ 2.5 jauh dekat.

 

Biaya Hidup di Hong Kong

Biaya hidup di Hong Kong secara rata-rata diperlukan sekitar HK$ 2.000 – HK$ 5.000 perbulan tergantung dengan gaya hidup kamu. Biaya ini belum termasuk dengan akomodasi yang diperlukan ya. Untuk akomodasi sendiri di Hong Kong biayanya cukup tinggi. Standarnya kamu perlu menyiapkan sekitar HK$ 20.000 – HK$ 25.000 untuk akomodasi 1 orang.

 

Tips Wisata ke Hong Kong

Mencari Tiket Pesawat Murah

Apabila anda sudah menentukan pilihan untuk mengunjungi tempat wisata di Hong Kong, langkah pertamanya adalah mencari tiket pesawat murah. Biasanya penerbangan ke Hong Kong dari Jakarta harus melalui transit di berbagai negara. Tetapi ada juga yang langsung terbang dari Jakarta menuju Hong Kong. Tergantung budget dan pilihan penerbangan anda, yang pastinya harus sesuai dengan budget liburan anda. Jika anda bingung untuk mencari referensi tiket pesawat ke Hong Kong anda bisa mencarinya disini.

Buat Itinerary

Sebelum anda bepergian, ada baiknya anda mempersiapkan Itinerary sebagai acuan anda atau rundown anda selama berwisata di manapun. Begitu pula jika anda ingin wisata di Hong Kong. Anda perlu mencatat semua tempat wisata yang ingin anda kunjungi, lalu buat estimasi jadwal sesuai dengan tujuan wisata yang akan dikunjungi. Hal ini diperlukan sebelum anda bepergian untuk menjadi gambaran umum tempat wisata dimana saja yang ingin anda kunjungi sehingga ketika anda sudah sampe di negara tujuan, anda tidak perlu bingung untuk bepergian kemanapun.

Persiapakan mata uang Hong Kong Dollar

Beberapa hari sebelum keberangkatan, alangkah baiknya anda menukarkan uang rupiah anda ke Hong Kong Dollar di money changer di kota anda. Hindari menukar uang di bandara, karena biasanya nilai tukarnya rendah di banding money changer. Jangan membawa Rupiah ke Hong Kong dan menukarkannya disana karena nilai Rupiah disana sangat rendah. Hal-hal kecil seperti ini harusnya dipersiapkan dengan matang sehingga tidak menganggu liburan anda ke Hong Kong.

Mencari Penginapan

Jika anda backpackeran ke Hong Kong dengan jadwal yang fleksibel rasanya mencari penginapan pada saat on the spot masih sangat dimungkinkan. Tetapi jika anda berlibur bersama keluarga atau pasangan anda, alangkah baiknya anda mencari dari jauh-jauh hari Hotel Murah di kawasan yang dekat dengan wisata di Hong Kong. Biasanya jika anda pesan dari jauh-jauh hari banyak promo-promo hotel murah yang mungkin bisa sedikit menghemat budget anda ketika belibur ke Hong Kong. Rekomendasi Hotel di Hong kong baiknya carilah hotel yang dekat dengan tranportasi dan tempat wisata di Hongkong. Hal ini untuk memudahkan anda berpindah dari suatu tempat wisata ke tempat wisata yang lain. Buat kalian yang mau booking hotel murah di Hong Kong bisa menggunakan ezytravel.co.id untuk referensi hotel murah di Hong Kong dan yang pastinya harganya sesuai dengan budget kalian.