/*/*]]>*/

Wisata Jepang

Sekilas Tentang Jepang


Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang menjadikannya sebagai negara kepulauan.


Rute Mulai Dari  
Jakarta ke Tokyo IDR 8.224.800
Medan ke Tokyo IDR 9.811.200
Surabaya ke Tokyo IDR 9.697.100
Palembang ke Tokyo IDR 9.144.800
Yogyakarta ke Tokyo IDR 9.202.200
Bali ke Tokyo IDR 7.121.100

Tentang Jepang

tampat wisata di jepang

 

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang menjadikannya sebagai negara kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

Sejarah Jepang

Jepang Kuno dimulai dengan periode Kofun sejak tahun 250 yang dinamai menggunakan nama sebuah bukit pemakaman besar yang bernama kofun ( kuburan kuno) yang mulai muncul pada era tersebut. Periode Kofun ini juga mulai mempraktekkan pembudidayaan tentara militer yang kuat dimana masing-masing terfokus pada klan-klan yang kuat. Pada abad ke-3 hingga abad ke-7, sebuah pemerintahan yang bernama Yamato dibangun dan berpusat pada propinsi Yamato dan Kawachi. Berdirinya pemerintahan Yamato ini juga menandakan dimulainya garis keturunan kaisar Jepang.

Sejarah berdiri negara Jepang mencatat adanya perang antara Jepang dengan Tiongkok pada tahun 1894 hingga 1894 yang dikenal dengan Perang Sino-Jepang, dan Perang Russo-Jepang yang terjadi pada tahun 1904 hingga 1905 melawan Rusia. Perang-perang ini juga menunjukkan taring Jepang sebagai kekuatan kekaisaran modern dari timur. Pada masa sekarang, Jepang terus berkembang dan bahkan memimpin dalam bidang teknologi terutama robotik.

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang (romaji: Nihongo) merupakan bahasa resmi di Jepang dan jumlah penutur 127 juta jiwa. Bahasa Jepang juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik Tiongkok. Ia juga dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat emigrasi orang Jepang ke sana. Namun keturunan mereka yang disebut nisei (generasi kedua), tidak lagi fasih dalam bahasa tersebut.

Bahasa Jepang terbagi kepada dua bentuk yaitu Hyoujungo, pertuturan standar, dan Kyoutsugo, pertuturan umum. Hyoujungo adalah bentuk yang diajarkan di sekolah dan digunakan di televisi dan segala perhubungan resmi.

Contoh dialog umum bahasa Jepang :

  • Hajimemashite. (Halo/apa kabar?)
  • Watashi wa Toresu desu. (Saya Torres)
  • D?zo yoroshiku. (Senang mengenal anda)
  • Arigat? gozaimasu. (Terima kasih)
iklim di jepang

 

Iklim di Jepang

Bagi kalian yang ingin melakukan wisata di Jepang ada baiknya untuk mengetahui iklim disana. Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

 

Waktu Terbaik Wisata di Jepang

Februari

Mau merasakan nikmatnya wisata di Jepang saat musim dingin? Februari adalah waktunya! Memang tidak bisa dipungkiri musim dingin mulai menghampiri Jepang pada akhir tahun, tapi apa yang bisa anda dapat? Salju. Itu saja. Faktanya, puncak musim dingin terjadi pada bulan Februari. Di bulan ini anda tidak hanya bisa melihat salju, coba pergi ke Hokkaido atau Tohoku. Pada bulan Februari, di bagian utara Jepang puluhan tempat merayakannya dengan berbagai macam festival. Beberapa yang sangat terkenal adalah Sapporo Winter Festival, Otaru Snow Light Path Festival, Asahikawa Snow Festival, Kamakura Festival, dan masih banyak lagi. Menikmati musim dingin di Jepang pada bulan Februari tidak hanya membuat trip anda lebih nyaman karena terhindar dari serbuan turis, tapi juga bisa merasakan bagaimana musim dingin di Jepang sesungguhnya.

April

April adalah bulan yang paling pas jika ingin wisata di Jepang dengan menikmati bunga sakura. Hampir seluruh warga Jepang akan sibuk dengan Hanami, yang berarti menikmati indahnya bunga sakura. Anda bisa mencocokkan jadwal perjalanan anda dengan tempat-tempat yang paling bagus untuk melakukan hanami. Perlu diingat bahwa musim semi datang ke Jepang mulai dari daerah selatan pada pertengahan Maret. Biasanya sakura bermekaran saat awal April untuk daerah Kanto (Tokyo) dan Kansai ( Osaka, Kyoto).

November

Untuk para pengagum daun musim gugur, Oktober akhir sampai November adalah waktu terbaik berwisata di Jepang. Terbalik dengan musim semi, musim gugur datang ke negeri ini mulai dari utara. Ini artinya daun- daun di daerah utara mulai memerah sekitar bulan oktober akhir. Untuk daerah Kanto dan Kansai, musim gugur akan mencapai puncaknya dari November awal hingga akhir. Layaknya sakura, untuk menikmati musim gugur pun tiap wilayah memiliki waktu masing- masing, jadi jangan lupa cek tanggal- tanggalnya sebelum memulai perjalanan anda.

Desember

Bulan ini menjadi waktu yang sangat tepat bagi para turis yang memiliki hobi shopping dan fashion. Betapa tidak, di Jepang anda akan menjumpai diskon akhir tahun di hampir semua toko. Sale akhir tahun ini biasanya dimulai pada akhir Desember hingga awal Januari.

Selain shopping, anda juga bisa menikmati kerlap kerlip lampu illumination yang biasanya menghiasi beberapa tempat untuk merayakan Natal dan tahun baru. Anda bisa mengecek di internet tempat- tempat yang terkenal dengan illumination-nya, biasanya di Tokyo atau di kota besar lainnya. Setiap tempat memiliki jadwal masing- masing, tapi biasanya illumination dimulai dari akhir Desember hingga awal Januari.

wisata di jepang

 

Tempat Wisata di Jepang

Tokyo Disneyland

Tak berbeda dengan konsep Disneyland di beberapa negara lain, tempat wisata di Jepang Tokyo Disneyland juga menyajikan sebuah taman rekreasi berkonsep Disney. Di sini, Anda bisa menyaksikan berbagai wahana permainan dengan tema film-film yang diproduksi Walt Disney.

Tempat wisata di Jepang ini merupakan Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat dan resmi dibuka pada tahun 1983. Tokyo Disneyland dibagi menjadi tujuh area utama yaitu World Bazaar, Tomorrowland, Toontown, Adventureland, Westernland, Critter Country dan Fantasyland. Masing-masing zona ini memiliki ciri khas sendiri.

Hiroshima Peace Memorial

Hiroshima Peace Memorial Park merupakan sebuah kawasan yang dikhususkan untuk mengenang tragedi bom atom yang mengguncang kota Hiroshima pada tahun 1945. Sebelum dihancurkan oleh bom atom, Hiroshima adalah kawasan pusat bisnis dan politik kota. Hal ini jugalah yang membuatnya menjadi target operasi saat itu.

Saat ini, taman seluas 120.000 meter persegi ini menjadi pemandangan yang sangat kontras di Hiroshima. Taman luas yang dikelilingi gedung bertingkat ini menjadi salah satu lokasi favorit warga sekitar untuk menghabiskan hari libur. Di sini, Anda masih bisa melihat sisa-sisa bangunan yang masih berdiri setelah digempur bom, salah satunya adalah A-Bomb Dome.

Setiap tahunnya pada tanggal 6 Agustus, tepat pada pukul 8:16, dilakukan upacara peringatan di sini. Peringatan ini dimulai dengan mengheningkan cipta dan pidato. Selain warga setempat, terdapat banyak wisatawan asing yang juga datang dan bergabung dalam peringatan ini.

Fujiko F. Fujio Museum

Anda penggemar tokoh kartun Doraemon? Doraemon memang sudah tak asing lagi bagi penggemar komik dan juga serial kartun. Robot kucing gendut masa depan berwarna biru ini menjadi favorit banyak anak-anak dan juga kalangan dewasa.

Tak hanya dapat melihatnya di komik dan TV, Anda juga bisa melakukan wisata di Jepang dengan mengunjungi dan menyentuh Doraemon di Fujiko F. Fujio Museum. Di dalam museum, terdapat semacam diorama di mana patung Doraemon dan teman-temannya berpose di ruangan yang sudah sangat famliar bagi pecintanya seperti kamar Nobita dan lapangan bermain dengan tiga pipa besar. Selain Doraemon, museum juga memajang karakter lain karya Fujiko F. Fujio, yaitu P Man.

Puas berkeliling, Anda bisa mencicipi menu khas di tempat wisata di Jepang ini. Menu makanan di restoran ini juga bertemakan Doraemon. Anda bisa memesan kue dorayaki dan berbagai makanan lain yang dihiasi dengan wajah Doraemon.

Golden Pavilion

Golden Pavilion adalah salah satu kuil Buddha paling populer di Jepang. Tempat wisata di Jepang ini juga dikenal dengan nama Kinkakuji dan Rokuonji. Sebelumnya, kuil ini adalah tempat peristirahatan Ashikaga Yoshimitsu setelah masa pensiunnya. Namun sekarang ini kuil menjadi tempat wisata yang dikunjungi banyak wisatawan domestik dan asing setiap harinya.

Ciri dari Golden Pavilion adalah atapnya yang berwarna emas. Selain dapat melihat arsitektur kuno Jepang yang khas, Anda juga bisa menikmati teh panas di Tea Garden yang berada di kawasan wisata ini. di sini juga terdapat toko suvenir khas Golden Pavilion.

makanan khas jepang

 

Makanan Khas Jepang

Sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sangat populer bukan hanya di negara asalnya tapi juga di luar negara Jepang, termasuk Indonesia. Sushi dibuat dari nasi dengan tambahan makanan laut, telur, dan sayuran segar. Sushi memiliki banyak kelebihan, selain penampilannya yang cantik dan menggugah selera, sushi juga memiliki rasa yang enak dan termasuk makanan yang sehat. Sushi biasanya disantap sebagai menu sarapan pagi, tetapi sushi juga disediakan pada saat ada acara-acara tertentu. Sushi dinikmati dengan wasabi dan kecap asin.

Ramen

Orang Jepang sangat menyukai ramen untuk disantap sebagai makanan sehari-hari. Sebenarnya, ramen bisa dikatakan sebagai ‘mie instannya orang Jepang’. Ramen dikemas di dalam sebuah cup. Cara memasak ramen juga sama dengan memasak mie instan di dalam cup, yaitu cukup menambahkan air panas saja ke dalamnya dan tunggu hingga mie menjadi lunak dan siap untuk disantap.

Takoyaki

Takoyaki sendiri memiliki arti ‘gurita panggang’. Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang termasuk ke dalam kategori cemilan. Adonan takoyaki berbahan dasar tepung terigu. Takoyaki diisi dengan gurita, keju, dan daun bawang. Setelah matang, takoyaki diberi tambahan saus mayonnaise, rumput laut, dan serutan ikan cakalang yang menambah nikmat pada saat disantap.

Sashimi

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang hampir sama dengan sushi. Sashimi lebih dulu ada sebelum sushi. Perbedaan sashimi dengan sushi terletak pada nasi. Sashimi merupakan makanan mentah murni khas Jepang. Sashimi terbuat dari makanan laut yang disantap bersama kecap asin dan wasabi.

Shabu-shabu

Shabu-shabu merupakan makanan khas Jepang yang berisi irisan tipis daging, tahu, jamur dan sayuran. Daging yang biasanya dipakai adalah daging sapi, tetapi terkadang dipakai daging ayam, ikan, dan gurita. Shabu-shabu dimasak di dalam sebuah panci khusus. Daging shabu-shabu dinikmati bersama saus Jepang yang mengandung wijen yang disebut gomadare.

 

Biaya Hidup di Jepang

Biaya tempat tinggal

 Umumnya harga sewa kamar sangat dipengaruhi oleh tiga hal yaitu lokasi (pusat kota atu pinggir daerah), ajarak stasiun dan umur bangunan. Perlu diketahui bahwa, untuk transaksi sewa awal, selain biaya sewa kamar itu sendiri, ada beberapa biaya tambahan yang harus kita bayar seperti uangkunci, biaya jaminan asuransi kerusakan, biaya komisi agent dll yang umumnya kalau ditotal semuanya akan menjadi sekitar 3 bulan biaya sewa bulanan. Untuk apartment yang hanya 1K (1kamar+kitchen+toilet) biasanya sekitar 30.000 yen/bulan.

Biaya makan dan minum

Harga beras Jepang kualitas termurah adalah sekitar 400 yen perkilo (beras impor lebih murah lagi), daging ayam 300 gram sekitar 200 – 300 yen. Harga lauk yang paling murah mungkin adalah telor yaitu sekitar 150 – 200 yen untuk satu pak isi 10 butir. Bagi yang vegetarian sepertinya harus membayar sedikit lebih mahal karena umumnya harga buah dan sayur relatif mahal kalau dibandingkan dengan harga daging. Hampir semua sayur atau daging murah adalah produksi import sedangkan produksi dalam negeri umumnya berharga sedikit lebih mahal.

Biaya Transportasi

Transportasi yang paling murah dari yang murah mungkin sepeda adalah jawabannya. Seperti hampir kebanyakan orang Jepang memliki kendaraan murah dan sehat ini. Situasi jalan di Jepang yang teratur dan cukup lebar sepertinya menjadi salah satu sebab keabanyakan orang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi utama.

Bukan pemandangan aneh melihat pria berpakaian kerja lengkap, jas dan dasi berangkat kerja dengan mengendarai sepeda. Demikian juga ibu rumah tangga yang mengantarkan anaknya untuk sekolah. Harga satu sepeda termurah sekitar 10.000 yen.

transportasi di jepang

 

Transportasi di Jepang

Shinkansen

The world famous Shinkansen atau kereta peluru dari Jepang adalah yang tercepat di dunia. Ujicoba terbaru dari Shinkansen Gaglev mencatat kecepatan 603km / jam yang setara dengan 167 m/detik! Sangat cepat!

Sampai saat ini, Shinkasen biasa memiliki kecepatan 320 km/jam. Anda hanya akan memerlukan waktu sekitar dua jam dan dua puluh menit untuk perjalanan dari Osaka ke Tokyo.

Kereta Lokal

Kereta lokal di Jepang sangat efisien. Ini adalah cara terbaik untuk melakukan wisata Jepang. Jadwal kereta ini 98% tepat waktu. Meskipun, terkadang ada penundaan yang tidak dapat dihindari.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa transportasi kereta api, tetapi perusahaan terbesar adalah kelompok JR atau Japan Railway yang menyediakan layanan utama untuk sebagian besar transportasi di Jepang.

Subway

Kota besar seperti Tokyo, Osaka, Nagoya, Kyoto, Kobe dan bahkan di Fukuoka, Sapporo, Sendai dan Yokohama memiliki sistem kereta bawah tanah. Ini sangat cepat dan nyaman terutama di kota-kota besar di mana lalu lintas cukup padat. Kereta bawah tanah ini akan membawa penumpang ke tujuan mereka dalam waktu yang sangat singkat.

Bis

Sarana dasar transportasi untuk wisata di Jepang adalah bus. Ada bus dengan rute dalam kota  dan ada bus dengan rute perjalanan ke luar kota. Hal ini juga sangat tepat waktu. Di beberapa kota, ada layar monitor di halte bus di mana lokasi bus sedang ditampilkan. Anda akan tahu berapa banyak bus yang berhenti dan pergi.

Taksi

Taksi mungkin adalah alat transportasi pilihan terakhir atau saat anda sedang tergesa-gesa karena biayanya yang sangat mahal. Anda tidak perlu membuka pintu taksi sendiri karena pintu taksi terbuka secara otomatis. Tetapi, sekali lagi, jika anda memiliki waktu yang banyak, tidak dianjurkan untuk naik taksi selama di Jepang.

Tips Perjalanan Wisata di Jepang

Sudah merencanakan liburan ke Jepang dan sedang mencari informasi agar bisa traveling hemat di Jepang? Berikut tips-nya. Banyak yang bisa Anda lakukan di Jepang, mulai dari menikmati indahnya Gunung Fuji, melihat sakura berguguran, belanja sampai puas di Shibuya, mencoba betapa cepatnya shinkansen, merasakan lezatnya daging Kobe, dan masih banyak lagi.

Tiket Pesawat

Banyak wisatawan internasional masuk ke Jepang lewat Bandar Udara Narita (NRT), Tokyo Haneda (HND), atau Bandara Kansai (KIX) di Osaka. Padahal mengunjungi wisata di Jepang melalui Bandar Udara Osaka atau Bandara Itami (ITM) bisa memberikan harga yang lebih murah. Secara umum, harga tiket pesawat pulang pergi ke Jepang dari Indonesia berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 8.000.000.Tetapi jika ada promo, harga tiket itu bisa terpangkas setengahnya.

Haru (musim semi, bulan Mei-Juni) dan Natsu (musim panas, bulan Juli-September) adalah waktu favorit bagi para wisatawan untuk wisata ke Jepang karena cuacanya nyaman dan bunga sakura mulai bersemi. Oleh karena itu harga tiket pesawat di bulan-bulan ini cenderung lebih mahal daripada Fuyu (musim dingin, bulan Desember-Februari). Anda yang ingin terbang dengan tiket pesawat ke jepang termurah sebaiknya memilih berangkat saat musim dingin. Jangan berkecil hati, karena ada cukup banyak tempat wisata di Jepang yang lebih indah dinikmati ketika bersalju.

Transportasi di dalam dan antar kota

Salah satu cara terbaik untuk berkeliling wisata  Jepang adalah dengan Japan Railway Pass (JR Pass). Anda dapat gunakan kartu ini untuk berkeliling tanpa batas di Jepang selama 7, 14, hingga 21 hari di jalur kereta Jepang, termasuk Shinkansen. Sebagai contoh, harga tiket pulang pergi Tokyo ke Osaka adalah 29.000 yen, sementara JR Pass selama 7 hari berharga 29.110 yen. Lebih hemat, bukan? Maka dari itu, jika Anda berniat untuk mengelilingi seluruh Jepang, Anda sebaiknya membeli JR Pass. Sementara jika Anda hanya ingin mengelilingi satu wilayah spesifik di Jepang, maka Anda bisa membeli regional pass yang berfungsi serupa dengan JR Pass tetapi hanya berlaku di daerah pilihan Anda saja.

Selain JR Pass yang berlaku selama 7 hari, ada juga tiket terusan harian yang disebut “Tokyo Free Kippu” seharga 1.580 yen dan tiket terusan 5 hari yang disebut “Seishun 18 Kippu” seharga 11.580 yen atau sekitar Rp 1.500.000 saja. Dengan tiket terusan ini, Anda bisa mengelilingi seluruh rute kereta api lokal di Jepang, mulai dari Hokkaido hingga Kyushu.

Sementara itu, untuk perjalanan wisata jepang antar kota, ada baiknya Anda menggunakan kereta lokal ataupun bus malam karena harganya lebih terjangkau. Lalu pada saat berkeliling di dalam kota, bus atau kereta bisa menjadi pilihan yang nyaman, tergantung di kota mana Anda berkeliling. Tiap kota di Jepang punya alat transportasi andalannya masing-masing. Jadi, cari tahu lebih dahulu tentang kota tujuan Anda dan cari pilihan transportasi terbaik untuk berkeliling di sana. Sedikit tips, hindari naik taksi di Jepang karena harga buka pintunya adalah 710 yen (sekitar Rp 75.000).

Akomodasi

Mengingat bahwa biaya transportasi di Jepang cukup mahal, maka ada baiknya Anda mencari penginapan yang dekat dengan pusat kota atau objek wisata yang ingin Anda kunjungi. Anda tidak perlu khawatir karena hostel murah masih bisa Anda temui. Seperti di Tokyo, Anda masih dapat menemukan hostel dengan kisaran harga 2.000 yen atau sekitar Rp 230.000/malam di Shinjuku dan Shibuya.

Makanan

Jepang terkenal dengan berbagai convenient store (konbini). Berbagai makanan pun tersedia di sana, mulai dari onigiri, salad, hingga bento, dan rasanya tak kalah dengan yang ada di restoran. Onigiri dijual seharga 100 yen atau Rp 11.000/buah, sementara bento dikenai harga mulai dari 300 yen atau sekitar Rp 35.000/paket. Anda hanya perlu memanaskan di microwave yang tersedia di sana dan Anda bisa kenyang dengan makanan yang nikmat sekaligus ramah di kantong.

Kalau Anda ingin makan sushi, carilah Kaiten Sushi untuk merasakan sushi asli Jepang. Harga satu porsi sushi adalah 100-300 yen saja. Jangan lupa juga untuk mencoba street food ala Jepang, mulai dari oden, tempura, okonomiyaki, karage, hingga takoyaki yang murah dan enak. Saat kalian wisata ke Jepang, hindari makan dan minum di Café karena harganya bisa 3-5x lipat dari convenient store.

Belanja

Biaya belanja di Jepang tergolong mahal, terutama jika Anda ingin membawakan oleh-oleh untuk teman dan saudara di rumah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memberikan mereka oleh-oleh, karena Anda bisa membeli banyak suvenir lucu dengan harga 100 yen saja di berbagai 100 yen store di Jepang, seperti Daiso, Can Do, Seria, atau Silk. Selain itu, daripada belanja di pusat perbelanjaan terkenal seperti Isetan di Shinjuku dan Matsuya di Ginza, Anda bisa mencoba belanja di pusat perbelanjaan pinggiran kota seperti Aeon atau Ito-Yokado.