/*/*]]>*/

Malaysia

Sekilas Tentang Malaysia


Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan Malaysia Barat dan Malaysia Timur oleh Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan.


Tentang Malaysia

Petronas Location Landscape

Bicara mengenai wisata di Malaysia, alangkah baiknya jika kita mengetahui asal usul dari negara ini dahulu. Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan Malaysia Barat dan Malaysia Timur oleh Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan. Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropika. Kepala negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong dan pemerintahannya dikepalai oleh seorang Perdana Menteri. Model pemerintahan Malaysia mirip dengan sistem parlementer Westminster.

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

Sejarah Malaysia

Sebenarnya sejarah Malaysia masih ada keterkaitannya juga dengan kerajaan Indonesia yaitu kerajaan Melaka. Sedangkan pendiri Malaka adalah pangeran dari Sumatera Sriwijaya. Semenanjung Malaysia berkembang sebagai pusat perdagangan utama di Asia Tenggara, karena berkembangnya perdagangan antara China dan India dan negara lainnya melalui Selat Malaka. Awal abad ke-15, kesultanan Malaka didirikan oleh dinasti yang dimulai oleh pangeran dari Palembang.

Nama "Malaysia" diadopsi pada 1963 ketika Federasi Malaya bertambah Singapura, Sabah, dan Sarawak membentuk federasi bernama Malaysia. Tetapi nama itu sendiri pernah membingungkan ketika dipakai untuk merujuk wilayah-wilayah di Asia Tenggara. Sebuah peta yang diterbitkan pada 1914 di Chicago menampilkan nama Malaysia pada wilayah tertentu di Nusantara. Politikus di Filipina pernah menghendaki penamaan negara mereka sebagai "Malaysia", tetapi Malaysia-lah yang pertama mengadopsi nama itu pada 1963 sebelum Filipina bertindak lebih jauh tentang masalah itu. Nama lain pernah dianjurkan untuk federasi 1963. Di antaranya adalah Langkasuka (Langkasuka adalah sebuah kerajaan kuno yang berada di bagian hulu Semenanjung Malaya pada milenium pertama masehi).

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Malaysia

Waktu terbaik berkunjung ke Malaysia adalah ketika musim panas. Karena anda bisa merasakan bepergian tanpa harus terganggu oleh musim penghujan. Tetapi cuaca disana sulit di prediksi karena sering berubah-ubah. Jangan lupa selalu mengecek situs pengamatan cuaca Malaysia sebelum bepergian ke tempat wisata di Malaysia.

 

Iklim di Malaysia

Berjarak tidak jauh dengan Indonesia, Iklim di Malaysia bersifat tropis. Hanya ada musim hujan dan musim kemarau di Malaysia. Tetapi sama dengan di Indonesia, cuaca di Malaysia tidak bisa di prediksi sebelumnya. Hanya bisa diperhatikan bahwa cuaca di Malaysia pada bulan April sampai dengan Oktober sebaiknya dihindari untuk berwisata di Malaysia dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi.

 

Legoland Malaysia

Tempat Wisata Malaysia

Menara Kembar Petronas

Jika anda ingin wisata ke Malaysia, maka belum ke Malaysia jika anda tidak berkunjung kesini. Menara Kembar Petronas adalah salah satu landmark dan ciri khas Malaysia yang sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Menara Kembar Petronas terletak di kawasan KLCC (Kuala Lumpur City Centre) dimana ini adalah kawasan pusat elit di kota Kuala Lumpur Malaysia. Di menara kembar Petronas ini terdapat pusat perbelanjaan, hotel dan perkantoran. Di lantai 41 menara kembar Petronas terdapat jembatan yang bernama Sky Bridge. Jembatan ini menjadi tempat favorit buat para wisatawan mancanegara untuk melihat pemandangan dari atas menara kembar Petronas. Jembatan ini dibuka dari hari selasa-minggu dari jam 09.00-21.00. Jika anda ingin mengunjungi Sky Bridge pada sore hari, sebaiknya anda terlebih dahulu membeli tiketnya sejak pagi karena banyak yang ingin berkunjung ke Sky Bridge pada waktu sore. Harga tiket Sky Bridge Malaysia berkisar RM 31.80 untuk anak-anak dan RM 84.80 untuk orang dewasa.

Batus Caves

Jika anda pernah lihat patung Hindu ini, pasti anda bertanya-tanya dimanakah lokasinya? Yap ini adalah salah satu wisata di Malaysia. Namanya Batu Caves. Batu Caves terletak disebelah utara Kuala Lumpur tepatnya di kota Selangor Malaysia. Batu Caves sendiri adalah tempat suci bagi umat Hindu yang ada di Malaysia. Biasanya setiap tahun tempat ini selalu mengadakan festival bernama festival Thaipusam. Jika anda ingin berkunjung kesana, anda harus menyiapkan fisik yang prima. Walaupun Batu Caves ini tidak dibebankan biaya masuk tetapi jika anda ingin sampai ke puncak, anda harus menaiki setidaknya 272 anak tangga. Sudah siapkah anda ke Batu Caves?

Legoland Malaysia

Jika anda ingin wisata keluarga di Malaysia, Legoland Malaysia jawabannya. Diresmikan pada tanggal 22 September 2012, Legoland Malaysia bisa dibilang adalah wahana permainan terbesar di Malaysia. Disini terdapat banyak wahana permainan anak yang dibentuk seperti mainan lego sehingga anak-anak anda sangat tertarik bila bermain di Legoland Malaysia. Harga Tiket Legoland Malaysia cukup terjangkau, harganya sekitar RM 140 untuk anak-anak dan RM 175 untuk orang dewasa. Meskipun jauh dari kota Kuala Lumpur Malaysia, tetapi minat wisatawan berkunjung ke Legoland Malaysia ini cukup tinggi dikarenakan wahana disini menawarkan konsep berbeda dari wahana permainan lain.

Jalan Alor

Berwisata ke Malaysia rasanya tidak lengkap jika anda tidak merasakan wisata kuliner yang ada disana. Kuliner di Malaysia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuliner-kuliner yang ada di tanah air. Jika anda menyukai street food atau jajanan kaki lima, anda bisa berkunjung ke pusat jajanan paling ramai di kota Kuala Lumpur Malaysia. Namanya Jalan Alor. Jalan Alor dikenal sebagai pusat jajanan di Kota Kuala Lumpur. Bedanya pusat jajanan disana dan di tanah air adalah penataan pedagang kaki limanya yang tertata cukup rapih. Sepanjang Jalan Alor mayoritas terdapat restoran-restoran yang menyediakan bangku dan meja yang ditata menutupi jalan sehingga suasanya seperti jajanan kaki lima. Anda tidak perlu bingung akses untuk ke Jalan Alor. Anda bisa menjangkaunya dengan kereta monorel menuju stasiun Bukit Bintang lalu jalan sedikit ke jalan Bukit Bintang. Setibanya disana anda bisa langsung menikmati jajanan yang pastinya membuat perut anda kenyang.

 

Nasi Pisang

Makanan Khas Malaysia

Nasi Pisang

Pastinya jika anda mendengar nasi pisang, langsung teringat dengan makanan khas Indonesia yaitu nasi pecel.  Ternyata ada sedikit kemiripan makanan khas Malaysia ini dengan nasi pecel dari cara penyajiannya, sama-sama di balut dengan daun pisang tetapi nasi pisang disajikan dengan bumbu khas dari India yaitu Kare. Maklum, keturunan India di Malaysia cukup banyak sehingga mempengaruhi kuliner yang ada di Malaysia. Biasanya nasi pisang disajikan dengan lauk seperti daging rendang dan sedikit acar untuk menambahkan kenikmatan nasi pisang tersebut.

Nasi Lemak

Jika anda berwisata ke Malaysia, anda harus wajib mencoba Nasi Lemak. Makanan khas Malaysia ini menjadi makanan yang paling nomer satu di cari oleh wisatawan mancanegara. Ciri khas nasi lemak adalah aromanya yang menggugah selera. Cara memasak nasi lemak tidak jauh berbeda dengan nasi uduk yang ada di Indonesia. Maklum karena kita negara serumpun dengan Malaysia maka dari itu banyak makanan yang mirip-mirip dengan makanan Indonesia. Nasi lemak terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan dikukus hingga matang. Biasanya nasi lemak disajikan dengan potongan daging atau ayam goreng serta tumisan sayuran yang sangat lezat.

Bubur Century

Makanan khas Malaysia beragam dan tidak jauh berbeda dengan makanan khas Indonesia. Makanan yang satu ini juga ada kemiripan dengan makanan Indonesia. Namanya Bubur Century. Yang membedakan bubur century dengan bubur yang ada di Indonesia yaitu bubur ni disajikan dengan topping yang tidak biasa yaitu telur bitan. Telur bitan adalah telur bebek/ayam yang sudah diawetkan seperti telur asin. Tetapi uniknya telur bitan berwarna hitam sehingga orang yang baru mencoba merasa aneh memakan telur bitan, padahal telur bitan ini mempunyai banyak manfaat lho bagi tubuh.

 

RapidKL Malaysia

Transportasi di Malaysia

Jika anda ingin wisata di Malaysia ada baiknya anda perhatikan transporatasi atau kendaraan yang ada di Malaysia. Untuk tau lebih lanjut mari kita baca info mengenai Transportasi di Malaysia.

KLIA Express & KLIA Transit

Setibanya anda di Kuala Lumpur International Airport, anda tidak perlu bingung jika ingin langsung ke pusat kota Kuala Lumpur. KLIA Express dan KLIA Transit menyediakan transportasi berbasis rel yang langsung menuju pusat kota. Perbedaan KLIA Express dan KLIA Transit adalah dari waktu yang ditempuh oleh kereta tersebut. KLIA Transit berhenti di tiga stasiun sebelum mengantarkan anda ke pusat kota Kuala Lumpur. Sedangkan KLIA Express langsung mengantarkan anda tanpa berhenti ke pusat kota.

KL Monorail

KL Monorail adalah salah satu Transportasi di Malaysia berbasis rel selanjutnya. Berbeda dengan KLIA Express dan KLIA Transit, kapasitas KL Monorail terbilang cukup sedikit. Hanya terdapat dua gerbong di setiap rangkaian kereta. Pastinya KL Monorail hanya mampu menampung sedikit penumpang. Tiket Monorail dapat di dapatkan dengan cara membelinya di Vending Machine mirip seperti mesin ATM. Setelah anda membeli tiket Monorail, anda mendapatkan sebuah coin plastic berwarna biru atau token. Token ini digunakan untuk memasuki gate pada pintu masuk ke setiap stasiun. Setelah itu jangan buang tokennya karena anda akan membutuhkan token itu lagi sebagai cara keluar dari sebuah stasiun yang di tuju.

KTM Komuter

Transportasi ini hampir mirip dengan kereta komuter yang ada di Indonesia. Tetapi kereta KTM Komuter ini menyediakan perjalanan jarak jauh dari pusat kota ke kota-kota lainnya. Walaupun hanya menyediakan perjalanan antar kota tetapi harga tiketnya masih terjangkau dan masih cocok untuk anda yang ingin backpacker ke Malaysia.  Bagi penumpang yang berjenis kelamin wanita tidak perlu khawatir berdesak-desakan dengan penumpang lain karena KTM Komuter menyediakan gerbong khusu wanita layaknya kereta Commuter Line di Indonesia.

GO-KL

Untuk anda yang ingin berkeliling kota Kuala Lumpur, lebih baik menggunakan tranportasi GO-KL ini karena transportasi ini disediakan gratis oleh pemerintah Malaysia. Seperti City Bus di Jakarta, GO-KL juga mempunyai rute yang cukup banyak. Anda dan keluarga bisa berkeliling ke semua rute yang ada tanpa dipungut biaya dengan berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan. Jangan lupa anda harus bersiap desak-desakan dengan penumpang lain dikarenakan GO-KL yang tidak memungut biaya. Ciri-ciri bus ini berwarna Pink dan bertuliskan “Perkhidmatan Percuma” yang artinya “tidak dipungut biaya”

Rapid KL

Berbeda dengan GO-KL, Rapid KL adalah transportasi bus berbayar yang ada di Malaysia. Rapid KL mempunyai rute yang jauh lebih banyak daripada GO-KL. Bus ini biasanya berwarna putih-biru pada bagian luarnya. Cara menaiki transportasi ini, anda tinggal menunggu di Halte yang dilewati oleh Rapid KL lalu anda tinggal masuk ke dalam bus, masukan uang pasanda ke dalam kotak yang ada disamping supir  atau dengan tap kartu berbayar yang sudah di isi sebelumnya.

 

Biaya Hidup di Malaysia

Biaya hidup di Malaysia secara rata-rata diperlukan sekitar MYR 1.100 – MYR 1.900 perbulan tergantung dengan gaya hidup kamu. Biaya ini sudah termasuk dengan akomodasi yang diperlukan ya. Untuk akomodasi sendiri di Malaysia biayanya bermacam-macam. Standarnya kamu perlu menyiapkan sekitar MYR 450 – MYR 700 untuk akomodasi 1 orang per bulannya tergantung dari apartemen yang kamu pilih. Tipsnya adalah sebisa mungkin anda mencari teman yang bisa tinggal bersama anda sehingga cukup menghemat biaya akomodasi anda.

 

Tips Wisata ke Malaysia

Mencari Tiket Pesawat Murah

Apabila anda sudah menentukan pilihan untuk mengunjungi tempat wisata di Malaysia, langkah pertamanya adalah mencari tiket pesawat murah. Biasanya penerbangan ke Malaysia dari Jakarta langsung terbang dari Jakarta menuju Malaysia. Tergantung budget dan pilihan penerbangan anda, yang pastinya harus sesuai dengan budget liburan anda.

Jika anda bingung untuk mencari referensi tiket pesawat ke Malaysia anda bisa mencarinya disini.

Buat Itinerary

Sebelum anda bepergian, ada baiknya anda mempersiapkan Itinerary sebagai acuan anda atau rundown anda selama berwisata di manapun. Begitu pula jika anda ingin wisata di Malaysia. Anda perlu mencatat semua tempat wisata yang ingin anda kunjungi, lalu buat estimasi jadwal sesuai dengan tujuan wisata yang akan dikunjungi. Hal ini diperlukan sebelum anda bepergian untuk menjadi gambaran umum tempat wisata dimana saja yang ingin anda kunjungi sehingga ketika anda sudah sampe di negara tujuan, anda tidak perlu bingung untuk bepergian kemanapun.

Persiapakan mata uang Malaysian Ringgit

Beberapa hari sebelum keberangkatan, alangkah baiknya anda menukarkan uang rupiah anda ke Malaysian Ringgit di money changer di kota anda. Hindari menukar uang di bandara, karena biasanya nilai tukarnya rendah di banding money changer. Jangan membawa Rupiah ke Malaysia  dan menukarkannya disana karena nilai Rupiah disana sangat rendah. Hal-hal kecil seperti ini harusnya dipersiapkan dengan matang sehingga tidak menganggu liburan anda ke Malaysia.

Mencari Penginapan

Jika anda backpackeran ke Malaysia dengan jadwal yang fleksibel rasanya mencari penginapan pada saat on the spot masih sangat dimungkinkan. Tetapi jika anda berlibur bersama keluarga atau pasangan anda, alangkah baiknya anda mencari dari jauh-jauh hari Hotel Murah di kawasan yang dekat dengan wisata di Malaysia. Biasanya jika anda pesan dari jauh-jauh hari banyak promo-promo hotel murah yang mungkin bisa sedikit menghemat budget anda ketika belibur ke Malaysia.

Rekomendasi Hotel di Malaysia baiknya carilah hotel yang dekat dengan tranportasi dan tempat wisata di Malaysia. Hal ini untuk memudahkan anda berpindah dari suatu tempat wisata ke tempat wisata yang lain. Buat kalian yang mau booking hotel murah di Malaysia bisa menggunakan ezytravel.co.id untuk referensi hotel murah di Malaysia dan yang pastinya harganya sesuai dengan budget kalian.