/*/*]]>*/

Medan

Sekilas Tentang Medan


Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.


Rute Mulai Dari  
Jakarta ke Medan IDR 638.700
Yogyakarta ke Medan IDR 930.900
Bali ke Medan IDR 1.076.400
Surabaya ke Medan IDR 853.100
Bandung ke Medan IDR 710.000
Semarang ke Medan IDR 878.700

Tentang Medan

pulau samosir medan

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan memiliki luas 26.510 hektare (265,10 km²) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara. Dengan demikian, dibandingkan dengan kota/kabupaten lainya, Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata penangkaran orang utan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba.  

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

SEJARAH KOTA MEDAN

Medan berasal dari kata bahasa Melayu, yang berarti tanah lapang atau tempat yang luas. Hari jadi Kota Medan diperingati tiap tahun sejak tahun 1970 dan pada mulanya ditetapkan jatuh pada tanggal 1 April 1909. Tetapi tanggal ini mendapat bantahan yang cukup keras dari kalangan pers dan beberapa orang ahli sejarah karena itu, Walikota membentuk panitia sejarah hari jadi Kota Medan untuk melakukan penelitian dan penyelidikan. Maka ditetapkan berdasarkan prakiraan dan diusulkan kepada Walikota Medan bahwa tanggal 1 Juli 1590 untuk dijadikan sebagai hari jadi Medan dalam bentuk perkampungan, yang kemudian dibawa ke Sidang DPRD Tk.II Medan untuk disahkan. Berdasarkan Sidang DPRD tanggal 10 Januari 1973 ditetapkan bahwa usul tersebut dapat disempurnakan. Sejak tahun 1950, Medan telah beberapa kali melakukan perluasan areal, dari 1.853 ha menjadi 26.510 ha pada tahun 1974. Dengan demikian dalam tempo 25 tahun setelah penyerahan kedaulatan, kota Medan telah bertambah luas hampir delapan belas kali lipat.

BAHASA MEDAN

Suku Batak menuturkan bahasa yang satu sama lain mempunyai banyak kemiripan. Tetapi, beberapa ahli bahasa dapat membedakan sedikitnya dua cabang utama bahasa Batak yang perbedaannya dinilai sangat besar sehingga satu sama lain tidak memungkinkan untuk berkomunikasi yaitu Batak Karo di wilaya utara dengan Batak Toba di wilayah selatan. Bahasa Angkola, Mandailing, dan Toba diklasifikasikan ke dalam rumpun selatan, sedangkan bahasa Karo dan Pakpak, Dairi termasuk rumpun utara. Bahasa Simalungun dianggap sebagai bahasa yang berdiri di antara rumpun utara dan rumpun selatan. Namun secara historis bahasa Simalungun diduga merupakan cabang lain bahasa rumpun selatan yang berpisah dari cabang Batak Selatan, sebelum bahasa Toba dan bahasa Angkola-Mandailing terbentuk.

Sekilas cerita mengenai bahasa batak itu sendiri, ada baiknya akan kami berikan contoh kalimat yang banyak dipakai sehari-hari :

  • Aha do kabar ? = apa kabar ?
  • Idia hamu maringanan ? = tinggal dimana ?
  • Nandingan hamu ro = kapan datang ?
  • Sadia leleng hamu dison ? = berapa lama tinggal disini ?
  • Didia do hamu tahe karejo ? = kerja dimana ?

WAKTU TERBAIK KE MEDAN

festival pulau samosir

Bulan Maret

Pada bulan Maret, Medan menggelar Pekan Raya Sumatra Utara. Sama halnya yang Anda temui di Jakarta dengan Pekan Raya Jakarta misalnya, perhelatan akbar tahunan di Medan ini mengambil tempat di Jalan Medan-Binjai kilometer 6. Pekan Raya Sumatra Utara ini lebih dari sekadar pameran maupun promosi pariwisata saja, event ini semakin meriah dan berkembang menjadi sarana hiburan, pesta budaya, serta rekreasi yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Beberapa hotel di Medan biasanya juga memanfaatkan daya tarik event ini untuk menggaet tamu agar menginap di hotel mereka.

Bulan September

Tak lengkap kalau tidak menyinggung Danau Toba saat berbicara soal Sumatra Utara. Sebab, pada bulan September akan digelar sebuah acara tahunan yang telah menjadi agenda tahunan benama Festival Danau Toba (FDT). Beragam kegiatan menarik disuguhkan dalam festival yang lokasinya digelar secara bergantian di kabupaten-kabupaten yang posisinya mengitari kawasan Danau Toba ini. Selain mengedepankan wisata budaya (culture tourism) seperti atraksi monsak atau seni beladiri khas Suku Batak, dalam event ini juga akan menampilkan wisata olahraga (sport tourism) dengan berbagai lomba olahraga air. Kalau Anda berniat untuk hadir dalam event ini, ada baiknya Anda mencari penginapan atau pun hotel di Medan jauh sebelum FDT digelar. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menikmati keseluruhan acara yang digelar selama lima hari tersebut.

Bulan Desember

Di Medan, bulan ini tidak hanya ramai karena Hari Raya Natal dan menyambut pergantian tahun baru saja. Sebab, pada bulan penghujung tahun ini juga digelar satu festival unik yaitu Festival Durian. Sesuai dengan namanya, festival yang digelar selama dua hari ini akan melibatkan sekitar 8.000 butir durian yang didatangkan dari berbagai penjuru di Sumatra Utara. Hebatnya lagi, peserta tersebut tidak hanya berasal dari Medan dan berbagai kota di Indonesia saja, melainkan juga turut diikuti oleh peserta dari berbagai negara. China, Singapura, Malaysia, Jepang, India, Polandia, dan Amerika tercatat mengirimkan warganya sebagai peserta dalam event ini, event ini dapat menjadi daya tarik wisata Medan yang menarik.

TEMPAT WISATA DI MEDAN

merdeka walk medan

Istana Maimun

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, wisata Medan ini terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan. Istana Maimun menjadi tujuan wisata Medan bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

Merdeka Walk

Di tahun 2005 pemerintah setempat menggagas pendirian semacam pusat kuliner khas Medan dengan memanfaatkan lahan seluas 6600 meter persegi di dekat Lapangan Merdeka Medan. Stan-stan makanan ditata dengan apik mengelilingi areal meja kursi buat pengunjung di bawah pepohonan besar yang udah ditanam sejak masa pendudukan Belanda. Kalo perutmu belum terlalu lapar kamu bisa sempatkan dirimu buat melihat-lihat bangunan tua di sekitar Lapangan Merdeka dan berfoto selfie sebentar di sini. Dah kebayang kan asyiknya nongkrong siang-siang di Merdeka Walk Medan sambil makan es krim atau juice dan menikmati angin sepoi-sepoi bersama si dia.

Air Terjun Dwi Warna

Masih dalam objek wisata Medan berbasis. Kita bisa melakukan safari ke objek wisata Air Terjun Dwi Warna Sibolangit yang menyajikan gemericik air terjun yang cantik itu. Hanya menghabiskan waktu dua jam dari kota Medan, kita bisa sampai di kawasan alam Sibolangit. Di sisi lain, pepohonan yang merimbun di sekitar air terjun membuat suasana pegunungan yang begitu sejuk sekaligus penuh panorama alam. Ada yang begitu indah dan unik di sana. Jika kita melihat secara jeli, warna yang dominan di air terjun tersebut terdiri dari dua yakni: air hangat dengan warna putih dan air dingin dengan warna biru. Jika kita berminat bertandang ke sini dengan keluarga, maka mulailah untuk daftar tempat wisata di Medan (air terjun) ini dengan baik.

Air Terjun Sipiso-Piso

Daya tarik tempat wisata di Medan yang berupa air terjun Sipiso-Piso Tongging ini sangatlah luar biasa. Secara umum, tinggi air terjun ini adalah seratus dua puluh meyer yang sangat dekat dengan Gunung Sipiso-Piso. Melalui air terjun ini (jika kita naik di atas bukitnya) maka kita mampu melihat Danau Toba dari sana. Tempat tempat wisata alam di Medan pula sangat cocok untuk menjadi obek fotografer dalam mengabadikan foto-foto alamnya dengan baik. Dengan pemandangan alaminya yang luar biasa itu, Sipiso-Piso menjadi rekomendasi terbaik tempat untuk berusaha alami.

MAKANAN KHAS MEDAN

bika ambon khas medan

Bika Ambon

Ini sedikit aneh memang, dengan embel-embel nama Ambon, namun jajanan ini dikenal sebagai oleh-oleh khas kota Medan. Bika Ambon menjadi oleh-oleh yang wajib Anda beli berikutnya. Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur dan air nira. Ciri-ciri Bika Ambon adalah bentuknya biasanya kotak dengan bagian dalam yang berpori-pori sehingga ketika dipotong akan terlihat bagian tengahnya berpori.

Durian Medan

King of fruit ini memang banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia, tetapi Medan merupakan salah satu rajanya untuk urusan Durian di Indonesia. Buah ini sangat istimewa lho, bahkan harganya pun juga lebih mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di kota tersebut.

Teri Medan

Kamu tentu pernah denger salah satu jenis ikan mungil yang rasanya gurih-gurih asin, yup teri. Dan, salah satu teri yang paling terkenal adalah teri Medan. Makanan ini cocok buat kamu jadikan oleh-oleh ketika pergi ke Medan lho. Teri medan ini ukurannya kecil dan berwarna putih. Cocok banget deh dimakan sama nasi panas, atau dibuat jadi sambel teri. Hmmm, rasanya pasti enak banget tuh, bikin nggak bisa berhenti sebelum terinya habis.

TRANSPORTASI DI MEDAN

bandar udara kualanamu

Becak Motor

Betor adalah alat transportasi yang unik dan menjadi ikon kota Medan. Bentuknya seperti becak, namun menggunakan sepeda motor untuk menjalankannya. Kursi penumpang terletak di bagian samping. Selain lebih cepat dibanding becak biasa karena menggunakan sepeda motor. Betor juga dapat melalui jalan-jalan yang tidak dapat dilalui oleh bus maupun angkutan umum lainnya. Biaya untuk naik Betor tergantung pada jarak yang ditempuh. Jika jaraknya cukup dekat, biasanya tarif berkisar Rp. 2000 hingga Rp. 5.000 dan sedangkan untuk jarak jauh, tarifnya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000. Kepandaian tawar menawar jelas berguna untuk mendapatkan biaya yang lebih murah.

Pesawat Terbang

Jika kalian memakai pesawat terbang untuk mengunjungi wisata Medan, kalian akan mendarat di Bandar Udara International Kualanamu. Bandara ini adalah sebuah bandar udara internasional yang melayani kota Medan dan sekitarnya. Bandara ini terletak 39 km dari kota Medan. Bandara ini adalah bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. So jangan lupa ya? Kalau kalian mau beli tiket pesawat ke Medan pastikan landing di Bandar udara Kualanamu bukan di Polonia..hihihi

Minibus & Bus

Untuk transportasi antarkota, tersedia minibus dan bus besar, dengan rute mulai dari kota-kota terdekat, hingga luar kota Medan seperti Jakarta dan Jawa Tengah. Anda dapat menjumpai bus dan minibus di terminal Pinang Baris dan terminal Amplas. Tarif yang ditawarkan pun beragam, tergantung tujuan dan jenis bus atau minibus sendiri. Namun yang terpenting adalah sebelum anda memutuskan menggunakan alat transportasi, lihat dulu dompet anda, jika kantong anda tebal, gunakan angkutan yang baik dan nyaman. Namun jika bujet anda tidak mencukupi, maka angkot menjadi solusinya.

TIPS LIBURAN KE MEDAN

Hindari hari libur

Sama seperti destinasi wisata lainnya, wisata Medan selalu ramai dikunjungi turis terutama di hari libur. Jika Medan saat hari kerja saja sudah cukup ramai, bisa Anda bagaimana bila hari libur? Hampir semua jalanan, terutama kawasan wisata ramai orang. Suasana seperti ini tentu menganggu liburan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengunjungi Medan saat hari libur.

Tentukan transportasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

Ada banyak pilihan jalan menuju Medan, mulai darimencari tiket pesawat murah, kapal laut, hingga bis. Harganya pun berbeda-beda. Meski banyak pilihan, bukan berarti Anda bisa bersantai-santai memilih transportasi. Kalau tidak mau kehabisan bangku, segera tentukan transportasi yang ingin digunakan, dan pesan tiketnya. Ingat, prinsip siapa cepat dia dapat berlaku di sini!

Bawa peta

Bagi sebagian turis yang baru pertama kali datang, jalanan di Kota Medan cukup membingungkan. Banyak jalan yang bisa dilalui motor atau pun mobil. Saking banyaknya kendaraan yang memadati jalan, tak sedikit turis yang jadi kebingungan harus melalui jalan apa. Agar tidak terjebak dengan ramainya lalu lintas kota, sebaiknya Anda membawa peta atau buku panduan, dan temukan jalan pintas yang sepi.

Ah? Apaaaa??

Bersiap-siaplah untuk berteriak demikian. Suasana di Kota Medan begitu ramai dan terkadang sedikit bising. Hampir semua orangnya bicara dengan nada yang kencang, ditambah dengan bunyi klakson mobil yang tak berhenti terdengar. Jadi, siapkan diri Anda dan jangan kaget ya ketika berada di suasana medan yang sangat ramai ini.

Untuk muslim, perhatikan makanan

Penduduk Medan sangatlah beragam, mulai dari China, muslim, hingga kristiani. Makanan yang tersaji pun beraneka ragam. Nah bagi traveler muslim, sebelum masuk ke dalam restoran, sebaiknya cari tahu dulu restoran yang menyediakan makanan halal.