/*/*]]>*/

Semarang

Sekilas Tentang Semarang


Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa.


Tentang Semarang

tiket mudik murah

Click picture for more info

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa. Bahkan, Area Metropolitan Kedungsapur (Kendal, Demak, Ungaran Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Purwodadi Kabupaten Grobogan) dengan penduduk sekitar 6 juta jiwa, merupakan Wilayah Metropolis terpadat keempat, setelah Jabodetabek (Jakarta), Gerbangkertosusilo (Surabaya), dan Bandung Raya. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Semarang ditandai pula dengan munculnya beberapa gedung pencakar langit di beberapa sudut kota.

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

SEJARAH KOTA SEMARANG

Awal Sejarah berdirinya kota Semarang dimulai pada masa dimana daerah ini masih menjadi sebuah bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Pada masa itu, daerah Semarang yang masih bernama Pragota merupakan daerah khusus pelabuhan, dimana di bagian depan dari daerah ini adalah gugusan pulau-pulau kecil yang karena terjadi pengendapan mulai menyatu dan membentuk daratan. Bagian tersebut kemudian menjadi daerah yang lebih dikenal sebagai Semarang Bawah. Pelabuhan yang dulu sempat besar ini diperkirakan ada di tempat Pasar Bulu sekarang, dan terus terbentang hingga daerah Pelabuhan Simongan dimana pada tahun 1435 pernah menjadi tempat Cheng Ho menyandarkan kapal dan armadanya.

Di tempat itu juga Cheng Ho mendirikan sebuah masjid dan kelenteng yang masih aktif dikunjungi masyarakat dan diberi nama Kelenteng Sam Po Kong yang berarti Gedung Batu. Sejarah berdirinya kota Semarang meskipun diwarnai merah darah karena pertempuran 5 hari, tetaplah menjadi bagian sejarah Indonesia. Demi memeringati kejadian tersebut, dibangunlah Tugu Muda yang diharapkan berperan sebagai pengingat kepada masyarakat Semarang tentang kejadian perang di masa lalu. Tugu ini dibangun pada tanggal 10 November 1950 dan diresmikan pada 20 Mei 1953.

BAHASA SEMARANG

Bahasa Jawa Semarang adalah sebuah dialek bahasa Jawa yang dituturkan di Karesidenan Semarang. Dialek ini tak banyak berbeda dengan dialek di daerah Jawa lainnya. Letak daerah Semarang yang secara geografis merupakan daerah heterogen karena meliputi wilayah pesisir dan pegunungan membuat dialek yang dipakai memiliki kata ngoko, ngoko andhap dan madya di Semarang ada pada zaman sekarang.

Frasa: "Yo ora.." (Ya tidak) dalam dialek semarang menjadi "Yo orak too ". Kata ini sudah menjadi dialek sehari-hari para penduduk Semarang.

Contoh lain: " kuwi ugo" (itu juga) dalam dialek Semarang menjadi "kuwi barang" ("barang" diucapkan sampai sengau memakai huruf h "bharhang").

Para pemakai dialek Semarang juga senang menyingkat frasa, misalnya Lampu abang ijo (lampu lalu lintas) menjadi "Bang-Jo", Limang rupiah (5 rupiah) menjadi "mang-pi", kebun binatang menjadi "Bon-bin", seratus (100) menjadi "nyatus", dan sebagainya. Namun tak semua frasa bisa disingkat, sebab tergantung kepada kesepakatan dan minat para penduduk Semarang mengenai frasa mana yang disingkat. Jadi contohnya "Taman lele" tak bisa disingkat "Tam-lel" juga Gedung Batu tak bisa menjadi "Ge-bat", dan sebagainya.

WAKTU TERBAIK KE SEMARANG

Masjid-Agung-Jawa-Tengah-Semarang

Kapankah itu? Cobalah keberuntungan kalian saat peak season. Pilih bulan April, Mei, awal Juni, September, atau awal Oktober yang bisa dikatakan sebagai masa-masanya pergantian musim antara peak dan off season. Datang pada periode ini mengunjungi wisata Semarang justru menguntungkan buat kalian. Berikut adalah alasan-alasannya :

  • Tidak ada lagi kerumunan. Ketika mengunjungi wisata Semarang kalian tidak akan merasa tenggelam dalam lautan manusia yang justru bisa menyesakkan liburan kalian. Waktu kalian akan dihabiskan dengan kebingungan berpikir harus pergi ke arah mana karena (hampir) semua tempat dipenuhi oleh antrean, mulai dari taman bermain, tempat pertunjukkan, pasar oleh-oleh, resto, kafe, bar, pantai.
  • Cuaca masih cukup ramah. Pergantian iklim dan musim membuat suhu pada bulan-bulan ini tidak terlalu drastis. Kalian tetap bisa merasakan hangatnya matahari siang dan sejuknya udara malam. Panas dan dingin tidak terlalu menyengat kulit kalian.
  • Hari-hari terasa lebih panjang. Jumlah orang di sekitar memicu rasa sibuk dalam diri kalian. Makin banyak orang membuat kalian merasa makin terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Bukankah kalian mengambil liburan untuk lari dari kesibukan? Saat jumlah turis berkurang, kalian bisa lebih santai dan tenang untuk menikmati pemandangan. kalian tidak perlu antre dan 'berperang' saat beli oleh-oleh.
  • Industri wisata Semarang masih semangat untuk menyambut dan menghibur Kalian. Liburan belum sepenuhnya berakhir. Jadi, masih banyak objek wisata lokal yang bisa kalian kunjungi. Ditambah lagi, kesempatan kalian bertemu warga lokal lebih besar saat off season. Biasanya– sama seperti Kalian saat peak season, warga lokal pun lebih memilih liburan keluar kota.

TEMPAT WISATA SEMARANG

Pantai-Marina-Semarang

Lawang Sewu

Lawang Sewu (bahasa Indonesia: seribu pintu) adalah gedung gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Masjid Agung Jawa Tengah

MAJT beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha serta mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang. Disamping bangunan Masjid disini juga dilngkapi fasilitas-fasilitas lain seperti : ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah, auditorium.

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan taman rekreasi murah meriah bagi warga Semarang. Kita bisa menghirup segarnya udara pantai dan memandang laut lepas. Setiap Minggu pagi Pantai Marina didatangi banyak pengunjung, rata rata datang bersama keluarga. Lokasi Pantai Marina di sebelah timur PRPP atau perumahan Royal Family, jika melihat patung elang cukup besar di bundaran, dibelakangnya merupakan pintu masuknya.

Candi Tugu

Candi Tugu Semarang merupakan sebuah candi yang berada di Jalan Mangkang KM 11, sekitar 2 km dari IAIN Walisongo, arah Semarang - Jakarta berada di sisi kanan jalan, atau beberapa ratus meter saja dari RSUD Tugurejo. Di tempat ini konon adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Lama tak terurusi, pada era penjajahan belanda, tahun 1938 (atas masukan Sejarawan J Knebel) diadakan pemugaran terhadap situs ini, lalu dibawah situs tersebut dan diletakan prasasti dengan tulisan belanda dan jawa dibawahnya. Dan tahun 80-an, candi ini kembali direnov oleh pemkot kota Semarang, dan ditujukan sebagai tempat wisata budaya.

KESENIAN SEMARANG

Dugderan

Dugderan merupakan festival untuk menandai dimulainya ibadah puasa di bulan Ramadan yang diadakan di Kota Semarang. Perayaan yng telah dimulai sejak masa kolonial ini dipusatkan di daerah Simpang Lima. Perayaan dibuka oleh wali kota dan dimeriahkan oleh sejumlah mercon dan kembang api (nama "dugderan" merupakan onomatope dari suara letusan). Pada perayaan ini beragam barang dijual (semacam pasar malam) dan pada masa kini sering diikutkan berbagai sponsor dari sejumlah industri besar. Meskipun demikian, ada satu mainan yang selalu terkait dengan festival ini, yang dinamakan "warak ngendok". Dugderan dimaksudkan selain sebagai sarana hiburan juga sebagai sarana dakwah Islam.

Sesaji Rewanda

Ritual Sesaji Rewanda diawali dengan arak-arak mengusung empat gunungan dari Kampung Kandri ke Goa Kreo, sepanjang sekitar 800 meter. Di barisan terdepan, empat orang dengan riasan dan kostum monyet warna merah, putih, hitam, dan kuning. Barisan selanjutnya adalah replika batang kayu jati yang konon diambil oleh Sunan Kalijaga. Baru kemudian barisan gunungan dan para penari. Menurut tokoh masyarakat Kandri yang juga keturunan juru kunci Goa Kreo, Mbah Kasmani, ritual Sesaji Rewanda sudah berlangsung sejak lama. Ada tiga tujuan warga Kandri melestarikan tradisi ini. Pertama, bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan keselamatan selama ini.

Ba’do Gablog

Ba'do Gablok adalah suatu upacara budaya yang biasa diselanggarakan oleh masyarakat kota Semarang tepatnya di daerah Sodong-Mijen-Semarang. Upacara budaya ini merupakan sebuah upacara adat tahunan bagi masyarakat sekitar, yang biasanya diadakan pada tanggal 6 Syawal tepat dengan jatuhnya Lebaran Ketupat (orang semarang menyebutnya).

Bagi masyarakat Mijen kota Semarang, Ba'do Gablok merupakan sebuah upacara ritual yang diselenggarakan untuk memohon keberkahan, keselamatan, dijauhkan dari mala petaka kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara membawa sesaji Gablok (nasi ketupat).

 

MAKANAN KHAS SEMARANG

lumpia-semarang

Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas. Nyam! kalian bisa mencoba kuliner ini di Simpang Lima. Harga seporsinya, sekitar Rp 10 ribu. Murah meriah dan perut pun kenyang.

Tahu Pong

Selain tahu gimbal, tahu pong juga merupakan makanan khas Semarang. Tahu pong adalah tahu goreng yang garing dan gurih. Saat digigit, tahu ini tidak berisi apapun atau kosong (kopong). Oleh sebab itu, tahu ini dinamakan tahu pong.

Tahu Pong enak disantap saat panas. Lalu dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulekan kasar cabai hijau. Rasanya sungguh membuat ketagihan. Harga seporsi tahu ini adalah Rp 6 ribu saja. kalian bisa menemukan penjual tahu pong di Simpang Lima, atau yang terkenal adalah di Jl Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel.

Lumpia

Semarang identik dengan lumpia. Ya, Lumpia Semarang adalah jajanan yang paling diburu traveler saat berkunjung ke sana. Tak sulit untuk mencari jajanan yang satu ini. Biasanya traveler berburu lumpia di sekitar Simpang Lima.

Lumpia di Semarang terkenal dengan lezatnya. Lumpia tersebut adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Tambahkan cabai dan acar asam, maka rasanya tidak akan pernah kalian lupakan. Salah satu Lumpia yang terkenal di Semarang adalah Lumpia Mataram yang mempunyai cabang di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang. Harga satu lumpia sekitar Rp 9.000,- s/d Rp 12.000,-.

Bandeng Presto

Siapa yang tidak suka dengan bandeng presto? Ini adalah ikan bandeng yang dimasak dalam panci bertekanan tinggi, atau disebut presto. Bandeng presto menjadi oleh-oleh favorit wisatawan dari Semarang. Sebabnya, bandeng presto dikemas dalam kemasan kedap udara dan awet bermingu-minggu jika disimpan dalam kulkas.

Ada banyak toko bandeng presto yang dapat kalian temukan di Semarang, salah satu yang terkenal ialan Bandeng Juwana. Harganya sekitar Rp 20-30 ribu untuk per kilogramnya. Biasanya bandeng presto nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal khususnya. Maknyus!

TIPS LIBURAN KE SEMARANG

Perencanaan Liburan Ke Semarang

Sebelum liburan seru ke Semarang, rencanakan dulu jadwal perjalanan kalian dengan tepat. Karena kota semarang memiliki banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Bila perlu catat objek-objek wisata Semarang yang akan kalian kunjungi dengan memperhatikan estimasi waktu. Hal ini akan membuat kalian lebih nyaman dan lebih efektif saat liburan menjelajahi Semarang.

Cari Tiket Murah Ke Semarang

Usahakan jika ingin liburan ke Semarang dengan hemat ada baiknya kalian menghindari hari libur. Pada musim liburan harga tiket pesawat dan transportasi lainnya akan melonjak naik. Selain itu, jika liburan saat musim liburan, berbagai tempat wisata di Semarang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan, serta kalian susah mendapatkan promo tiket pesawat.

Hitung Biaya Liburan Ke Semarang

Setelah merencanakan tujuan wisata Semarang, kalian juga harus merinci biaya perjalanan ke Semarang. Kalian harus merinci seperti biaya menginap, biaya makan di Semarang, transportasi, biaya untuk belanja oleh-oleh di Semarang Dll. Jangan menganggap remeh hal tersebut jika dana liburan Anda terbatas.

Bawa Bekal dan Peralatan yang Cukup

Sebelum melakukan liburan ke Semarang, siapkan bekal dan juga peralatan yang cukup. Baterai kamera tambahan, kacamata hitam, handuk kecil, pakaian ganti, dan alat charger handphone merupakan barang yang wajib dibawa ketika liburan di Semarang. Bekal yang wajib dibawa ketika jalan-jalan di Semarang adalah air minum. Karena kota Semarang memiliki cuaca yang panas seperti Jakarta. Oleh sebab itu, siapkan air minum yang cukup saat kalian liburan ke Semarang.