/*/*]]>*/

Surabaya

Sekilas Tentang Surabaya


Kota Surabaya kental dengan nilai kepahlawanan. Sejak awal berdirinya, kota ini memiliki sejarah panjang yang terkait dengan nilai-nilai heroisme. Istilah Surabaya terdiri dari kata sura (berani) dan baya (bahaya), yang kemudian secara harfiah diartikan sebagai berani menghadapi bahaya yang datang


Rute Mulai Dari  
Jakarta ke Surabaya IDR 435.800
Denpasar ke Surabaya IDR 364.700
Yogyakarta ke Surabaya IDR 322.100
Medan ke Surabaya IDR 853.100
Aceh ke Surabaya IDR 1.101.700
Bandung ke Surabaya IDR 892.200

Tentang Surabaya

tiket mudik murah

Click picture for more info

Kota Surabaya kental dengan nilai kepahlawanan. Sejak awal berdirinya, kota ini memiliki sejarah panjang yang terkait dengan nilai-nilai heroisme. Istilah Surabaya terdiri dari kata sura (berani) dan baya (bahaya), yang kemudian secara harfiah diartikan sebagai berani menghadapi bahaya yang datang. Sejarah Surabaya juga berkaitan dengan aktivitas perdagangan. Secara geografis Surabaya memang diciptakan sebagai kota dagang dan pelabuhan. Surabaya merupakan pelabuhan gerbang utama Kerajaan Majapahit. Letaknya yang dipesisir utara Pulau Jawa membuatnya berkembang menjadi sebuah pelabuhan penting di zaman Majapahit pada abad ke - 14. Berlanjut pada masa kolonial, letak geografisnya yang sangat strategis membuat pemerintah Kolonial Belanda pada abad ke - 19, memposisikannya sebagai pelabuhan utama yang berperan sebagai muara pengumpulan dari rangkaian terakhir kegiatan pengumpulan hasil produksi perkebunan di ujung Timur Pulau Jawa, yang ada di daerah pedalaman untuk diekspor ke Eropa.

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

SEJARAH SURABAYA

Bukti sejarah Surabaya menunjukkan bahwa Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, seperti yang tercantum dalam prasasti Trowulan I, berangka 1358 M. Dalam prasasti tersebut terungkap bahwa Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa di tepi sungai Brantas dan juga sebagai salah satu tempat penyeberangan penting sepanjang daerah aliran sungai Brantas. Pada masa Hindia Belanda, Surabaya berstatus sebagai ibu kota Karesidenan Surabaya, yang wilayahnya juga mencakup daerah yang kini wilayah Kabupaten Gresik; Sidoarjo; Mojokerto; dan Jombang. Pada tahun 1905, Surabaya mendapat status kotamadya (gemeente). Pada tahun 1926, Surabaya ditetapkan sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur. Sejak saat itu Surabaya berkembang menjadi kota modern terbesar kedua di Hindia Belanda setelah Batavia. Kota yang jalan utamanya dulu hampir berbentuk seperti pita dari jembatan Wonokromo di sebelah Selatan menuju ke Jembatan Merah di sebelah Utara sepanjang kurang lebih 13 km tersebut, di akhir tahun 1980-an mulai berubah total. Pertambahan penduduk dan urbanisasi yang pesat, memaksa Surabaya untuk berkembang ke arah Timur dan Barat seperti yang ada sekarang. Bertambahnya kendaraan bermotor, tumbuhnya industri baru serta menjamurnya perumahan yang dikerjakan oleh perusahaan real estate yang menempati pinggiran kota mengakibatkan tidak saja terjadi kemacetan di tengah kota tapi juga tidak jarang terjadi pula di pinggiran kota. Surabaya telah berkembang jauh dari kota yang relatif kecil dan kumuh di akhir abad ke-19, menjadi kota metropolitan di akhir abad ke-20 dan pada kurun abad ke-21 menjadi salah satu metropolitan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Kota yang pada kurun abad ke-20 dan awal abad ke-21 dipandang panas dan kumuh ini juga berhasil berubah menjadi salah satu kota metropolitan yang paling tertata di Indonesia dengan kualitas udara terbersih.

BAHASA SURABAYA

Dialek Arekan atau lebih sering dikenal sebagai bahasa Arekan (Bahasa Jawa : boso Arekan) atau bahasa Suroboyoan adalah sebuah dialek bahasa Jawa yang dituturkan di Surabaya dan sekitarnya. Dialek ini berkembang dan digunakan oleh sebagian masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Secara struktural bahasa, bahasa Suroboyoan dapat dikatakan sebagai bahasa paling kasar. Meskipun demikian, bahasa dengan tingkatan yang lebih halus masih dipakai oleh beberapa orang Surabaya, sebagai bentuk penghormatan atas orang lain. Namun penggunaan bahasa Jawa halus (madya sampai krama) di kalangan orang-orang Surabaya kebanyakan tidaklah sehalus di Jawa Tengah terutama Yogyakarta dan Surakarta dengan banyak mencampurkan kata sehari-hari yang lebih kasar. Bahasa Jawa Surabaya : He yo'opo kabare rek? (Apa kabar kawan?) Bahasa Jawa Surabaya : Rek, koen gak mangan ta? (Kalian tidak makan?) Bahasa Jawa Surabaya : Ton(nama orang), celukno Ida(nama orang) po'o (Ton, panggilkan Ida dong)

WAKTU TERBAIK MENGUNJUNGI SURABAYA

kasada Bromo wisata surabaya

 

Lebih kurang sama halnya dengan cuaca kota lain di Indonesia, Surabaya nyaman untuk dikunjungi pada bulan Mei hingga September, yaitu ketika cuaca cenderung lebih kering dan tak berhujan. Anda akan bisa berkeliling kota dengan nyaman. Berita baiknya, tiket termurah ke Surabaya pun dapat Anda temukan di bulan September. Selain mendapatkan tiket termurah, di sekitar bulan Agustus hingga September.

Upacara Yadnya Kasada Bromo

Upacara Kasada (Hari Raya Yadnya Kasada) atau Kasodo yaitu suatu upacara adat suku Tengger yang dilakukan setiap tahun sekali (penanggalan agama Hindu Tengger) yaitu ketika sudah memasuki bulan Kasada dan tepatnya pada hari ke 14 . Upacara Yadnya Kasada berupa pemberian sesajen untuk sesembahan yaitu Sang Hyang Widhi dan para leluhur suku Tengger ( Dewi Roro Anteng dan Joko Seger). Lokasi upacara adat suku Tengger ini digelar di Pura Luhur Poten, tepat di lautan pasir Bromo dam dekat dengan kaki Gunung Bromo. Jika kamu tertarik dengan upacara adat ini, ada baiknya mengunjungi Surabaya di bulan Juli – September, karena penanggalannya berbeda setiap tahunnya, kamu harus mencari info dengan baik.

WISATA SURABAYA

house-of-sampoerna wisata surabaya

 

Jembatan Suramadu

Salah satu wisata Surabaya adalah Jembatan Suramadu, ini adalah jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dan Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5,500 meter, Jembatan Suramadu adalah jembatang yang terpanjang di Indonesia. Dibangung dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, sekarang ini Jembatan Suramadu telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata Surabaya yang sangat terkenal.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Berlokasi di Jalan Setail, dulunya Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya yang mempunyai luas sektiar 37 hektar ini adalah 15,000 Rupiah. -

House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi karena museum yang berlokasi di Surabaya Lama ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang menarik. Dengan bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok, House of Sampoerna merupakan tempat bersejarah yang dilestarikan negara. Museum House of Sampoerna mempunyai koleksi alat pengolah tembakau, foto keluaga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat membeli souvenir dan melihat proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna.

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan sebuah museum yang terletak di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam adalah kapal selam yang sebenarnya. Dahulu kapal selam ini pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda. Monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini sangat menarik untuk dilihat karena jarang sekali kita dapat melihat dan masuk ke dalam kapal selam yang sesungguhnya.

MAKANAN SURABAYA

sate-klopo-makanan-khas-surabaya

 

Sate Klopo

Seperti sate-sate lainnya, sate klopo pun terbuat dari daging dan bukannya kelapa yang dibikin sate lho. Bedanya, Sate Klopo juga mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Selain itu, sate ini akan dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar. Tetapi kini Sate Klopo sudah divariasi dengan mengganti bahan dasar daging sapi menjadi daging ayam, usus, sumsum, juga udang.

Tahu Tek-Tek

Sepiring tahu tek berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang digunting di atasnya. Ya, bahan-bahan yang digunting dan bukan diiris dengan pisau adalah keunikan dari panganan ini. Setelahnya ditambahkan kecambah dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya. Tak lupa ditambahkan kerupuk juga sebagai pelengkap. Dari segi tampilan, kuliner tahu tek-tek boleh dibilang sederhana. Harga seporsinya pun terbilang murah karena dibanderol mulai dari 8 ribu saja. Tapi jangan salah, kuliner yang menjadi ciri khas kota Surabaya ini boleh dibilang sebagai primadona kuliner Surabaya lho!

Rujak Cingur

Ingat Surabaya pasti ingat kuliner unik Rujak Cingur. Yup! Rujak Cingur memang terbilang kuliner yang unik karena isiannya terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Keunikannya karena kuliner khas Surabaya ini juga menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama. Nah kamu berani coba gak?

TRANSPORTASI DI SURABAYA

bandar-udara-juanda

 

Bus

Hubungan bus antarkota dilayani oleh dua terminal bus besar, yaitu Terminal Bus Purabaya yang berada di Desa Bungurasih, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dan Terminal Bus Tambak (Osowilangun) yang berada di Kelurahan Tambaklangon, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya.

Kereta

Untuk mendatangi wisata Surabaya kalian dapat menaiki kereta. Kota Surabaya dihubungkan dengan sejumlah kota-kota di Pulau Jawa melalui jalur kereta api. Surabaya memiliki 4 stasiun kereta api besar: Wonokromo, Gubeng, Surabaya Kota, Stasiun Pasar Turi. Stasiun Pasar Turi melayani jalur kereta api bagian utara Pulau Jawa dengan jurusan Surabaya-Semarang-Pekalongan-Tegal-Cirebon-Jakarta (Gumarang, Sembrani, Argo Anggrek).

Transportasi Umum

Angkutan dalam kota dilayani oleh taksi, bus kota, angkutan kota (lebih dikenal dengan sebutan bemo), angguna (seperti taksi namun tanpa AC, dan memiliki bentuk khas), becak, serta becak motor. Surabaya memiliki sejumlah terminal dalam kota, antara lain Joyoboyo, Bratang, dan Jembatan Merah, serta beberapa jasa sewa mobil yang banyak tersedia di kota ini sebagai pilihan lain dalam berkeliling ke seluruh penjuru kota.

Pesawat Terbang

Bandar Udara Internasional Juanda adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bandara ini terletak 20 km sebelah selatan pusat kota Surabaya dan melayani arus penerbangan untuk wilayah Surabaya serta Gerbang kertosusila dan sekitarnya. Secara geografis, Bandara Internasional Juanda tidak terletak di dalam area Kota Surabaya, tetapi terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Akan tetapi oleh otoritas penerbangan internasional (IATA dan ICAO), bandara-bandara seperti ini tetap diakui sebagai bandar udara yang melayani arus mobilitas penerbangan kota besar dan wilayah metropolitan yang berada dalam jangkauannya. Bandara Internasional Juanda dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I.

TIPS LIBURAN KE SURABAYA

Pesan tiket perjalanan anda jauh-jauh hari

Tiket adalah hal utama dan terpenting dalam suatu liburan. Hindari membeli tiket pada satu bulan sebelum keberangkatan karena selain rawan habis harganya biasanya sudah melambung tinggi. Untuk tiket kereta api biasanya sudah bisa di pesan sejak 3 bulan sebelum keberangkatan, kalau pesawat terbang malah bisa 1 tahun sebelum keberangkatan dan harganya bisa lebih murah jika ada promo (tau kan maskapai apa yang sering mengadakan promo tiket murah?). Kami sarankan membeli via online di https://www.ezytravel.co.id agar tidak ribet dan tidak membuang waktu.

Penginapan

Untuk mendatangi tempat wisata Surabaya Penginapan adalah hal terpenting kedua setelah tiket. Saat ini banyak tersedia hotel murah di Surabaya dari harga Rp 300 ribu per/malam. Selain hotel juga terdapat hostel ataupun homestay yang tarifnya di bawah Rp 100ribu, tergantung dengan fasilitas yang di milikinya. namun pertimbangkan lokasi penginapan dengan tempat wisata di surabaya yang ingin di kunjungi agar tidak bengkak di transport. Untuk hotel Surabaya juga bisa di cari di situs-situs boking hotel yang sudah terpercaya. -

Perlengkapan Wajib

Surabaya termasuk daerah pesisir, jadi suhunya pastilah panas. Jika anda berniat berkeliling kota ini pastikan memakai pakaian yang bisa menyerap keringat, selalu gunakan topi, jangan lupa oleskan sunblock terutama bagi wanita dan sediakan setidaknya 1 botol air mineral ukuran tanggung di ransel anda untuk mencegah dehidrasi. -

Transportasi

Pahami lokasi antar tempat wisata di surabaya yang ingin anda kunjungi. Apakah terdapat fasilitas angkutan umum yang tersedia. Jika tidak ingin repot anda bisa menggunakan moda transportasi online seperti go-j*k yang fleksible dan murah.

Berikut sepenggal cerita yang dapat kalian jadikan pedoman jika kalian ingin ke Surabaya dan menikmati tempat wisata Surabaya yang banyak juga bervariasi. Jangan lupa jika kalian ingin mengunjungi Surabaya dan ingin mendapatkan tiket pesawat murah ke Surabaya bisa langsung cek website www.ezytravel.co.id. Bukan hanya itu kalian juga bisa langsung booking hotel di Surabaya dengan mudahnya.