/*/*]]>*/

Thailand

Sekilas Tentang Thailand


Thailand adalah sebuah negara kerajaan di Asia Tenggara. Luasnya kira-kira sama dengan luas Perancis dan memiliki populasi sekitar 67 juta. Selama ratusan tahun, Thailand dikenal sebagai Siam. Negara ini berubah nama pada tahun 1939 ke Thailand, yang berarti “Tanah Orang-orang Merdeka.”


Rute Mulai Dari  
Jakarta ke Bangkok IDR 5.425.900
Semarang ke Bangkok IDR 8.550.300
Makassar ke Bangkok IDR 9.337.200
Yogyakarta ke Bangkok IDR 8.555.700
Medan ke Bangkok IDR 8.341.700
Surabaya ke Bangkok IDR 8.840.000

Tentang Thailand

Click Picture for More Info

Bicara tentang wisata Thailand kita harus tau asal usulnya dulu. Thailand adalah sebuah negara kerajaan di Asia Tenggara. Luasnya kira-kira sama dengan luas Perancis dan memiliki populasi sekitar 67 juta. Selama ratusan tahun, Thailand dikenal sebagai Siam. Negara ini berubah nama pada tahun 1939 ke Thailand, yang berarti “Tanah Orang-orang Merdeka.” Nama ini cocok karena Thailand adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah menjadi koloni Eropa. Sebagian besar orang Thailand adalah anggota kelompok etnis Thai/Lao. Mereka diyakini merupakan keturunan dari orang-orang yang bermigrasi dari China selatan dan tenggara pada tahun 500-an Masehi.

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

SEJARAH THAILAND

Asal mula Kerajaan Thai secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. Kerajaan ini kemudian diteruskan Kerajaan Ayutthaya yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan berukuran lebih besar dibandingkan Sukhothai. Kebudayaan Kerajaan Thai dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India. Sebuah revolusi tak berdarah pada tahun 1932 menyebabkan dimulainya monarki konstitusional. Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti nama internasionalnya menjadi "Thailand" pada tahun 1939 dan untuk seterusnya.

BAHASA THAILAND

Bahasa Thai adalah bahasa Thailand resmi yang digunakan di Thailand. Namanya dalam bahasa Thailand sendiri adalah ??????? (phasa thai, artinya "bahasa rakyat Thailand"). Bahasa ini adalah bagian dari kelompok bahasa Tai dari kelompok bahasa Tai-Kadai. Bahasa-bahasa Tai-Kadai diperkirakan berasal dari selatan Tiongkok, dan sebagian ahli bahasa telah menyatakan kemungkinan adanya hubungan dengan kelompok bahasa Austroasiatik, Austronesia atau Sino-Tibet.

Contoh :

A:- Sawaddee krab Nattasha. Sabai dee mai krab?

  • Halo nattasha, bagaimana kabarmu ?

B: - Pom sabai di krap

  • saya baik, trima kasih (Laki-laki)

MATA UANG THAILAND

Secara resmi baht memang nama mata uang Thailand, negara yang dulunya sempat bernama Siam. Namun meskipun begitu ada saja daerah di negara lain yang ikut menggunakan mata uang ini untuk transaksi sehari-hari. Daerah-daerah ini biasanya terletak di perbatasan negara. Dan negara lain yang ikut memakai baht secara tidak resmi contohnya negara Laos, Kamboja, dan Burma. Simbolnya adalah karakter khusus ?, pada saat tulisan ini dipublish harga 1? = Rp 377,70

grand palace bangkok

TEMPAT WISATA DI THAILAND

  • Phuket

Salah satu wisata Thailand yang paling popular adalah Phuket, itu karena Phuket memiliki pantai pasir putih yang indah. Phuket juga terkenal dengan nama "mutiara dari Selatan". Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam restoran yang menawarkan banyak makanan yang terbaik dari masakan Thailand. Phuket mengalami kerusakan yang cukup parah saat tsunami menerjang tahun 2004, tapi masih tetep indah kok sampai saat ini. Memiliki pasir putih dan pantai yang cukup awesome! bahkan menjadi salah satu tempat wisata Thailand yang menjadi lokasi syuting film yang dimainkan Leonardo Dicaprio itu loh. Merupakan salah satu tempat yang super wajib dikunjungi saat di Thailand.

  • The Grand Palace

Sebagian besar tempat wisata di Thailand terletak di ibukota negara ini yaitu kota Bangkok. Salah satu objek wisata Thailand yang cukup terkenal yang terletak di Bangkok adalah Grand Palace. Grand Palace dianggap sebagai salah satu bangunan paling indah yang terletak di Thailand loh. Bangunan ini juga sudah dianggap sebagai salah satu tempat wisata di Thailand yang paling menarik bagi para traveler. Bangunan lain yang bisa kamu temukan di dalam kompleks Grand Palace adalah sebuah kuil yang dianggap sebagai kuil yang paling sakral di Thailand. Di kuil ini kamu bisa melihat sebuah patung Buddha setinggi 66 cm. Patung Buddha ini dibuat pada abad ke 14 dan dianggap sebagai patung Buddha yang paling suci di Thailand.

  • Wat Arun

Selain Grand Palace, tempat wisata Thailand lain yang bisa kamu kunjungi saat mengunjungi negara ini adalah Wat Arun. Kuil Wat Arun merupakan salah satu kuil tertua di Thailand. Kuil Wat Arun dipenuhi dengan dekorasi berupa mozaik kaca dan porselin China.  Bangunan kuil ini sendiri merupakan gambaran dari Mount Meru yang merupakan pusat alam raya dalam ajaran Buddha. Wat Arun terletak di Thonburi, sebuah lokasi yang berseberangan dengan Rattanakosin Island. Rattanakosin Island adalah lokasi berdirinya Grand Palace yang disebutkan di atas tadi. Thonburi dan Rattanakosin Island dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama sungai Chao Phraya. Pada bagian tengah kuil, kamu bisa menemukan Prang atau tugu setinggi 70 meter. Tugu ini menjadi salah satu ciri khas Thailand yang sudah dikenal di seluruh dunia.

  • Koh Phi Phi

Pulau Phi Phi juga terletak di Krabi, Koh Phi Phi adalah salah satu daerah resort terpopuler di Thailand. Salah satu tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi adalah Monkey Beach, di mana Anda bisa langsung bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan monyet. Anda juga bisa mendayung perahu kayu kecil atau menyewa kayak. Long Beach adalah pantai lain yang merupakan spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Mengunjungi wisata Thailand Koh Phi Phi jangan sampai Anda melewatkan Maya Bay, yang merupakan pantai terindah di sini, serta menjadi lokasi syuting film The Beach yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio.

Masih banyak lagi tempat wisata di Thailand yang dapat kalian kunjungi, sebagai referensi menarik kalian dapat menemukan berbagai artikel menarik disini: Artikel Wisata Menarik Thailand

Tom yam kung maenam

MAKANAN KHAS THAILAND

  • Pad Thai

Pad thai merupakan salah satu makanan khas Thailand yang menjadi favorit bagi setiap turis asing yang berkunjung ke Thailand. Pad Thai terbuat dari mie beras yang dicampur bersama tauge, telur dan bawang. Dalam pembuatannya, makanan ini bisa terasa nikmat karena penggunaan bumbu yang menyertainya, seperti kecap ikan, bubuk cabai, gula dan juga kacang tanah. Saat pertama mencicipinya, dijamin Kamu pasti akan merasa ketagihan untuk kembali mencobanya. Versi vegetarian mungkin mengganti kecap ikan dengan kecap asin, serta tidak menggunakan udang.

  • Tom Yum

Semua orang setuju jika Tom Yum merupakan perwakilan dari seluruh makanan Khas Thailand. Sebuah masakan dengan bumbu yang berani, memadukan campuran serai wangi, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis dan saus ikan. Bentuk sup Tom Yum sangat sederhana, memberikan rasa rempah –rempah yang menendang. Udang segar dan jamur memanjakan tubuh.

  • Gang Keow Wan

Gang Keow Wan Menjadi makanan khas Thailand yang selalu di cari –cari oleh wisatawan, menu ini mungkin lebih dikenal dengan Kari Hijau Thailand. Campuran pasta kari hijau, rebung, irisan daging ayam, santan, daun basil, lengkuas, serai hingga terong Thailand menjadikan Gang Keow Wan ini terasa kaya akan remah –rempah. Makanan ini sering disantap bersama nasi putih.

  • Geng Kheaw Wan Gai

Geng kheaw Wan Gai merupakan salah satu makanan khas Thailand yang terbuat dari potongnan ayam segar dengan tomat hijau yang dapat menggugah selera. Selain tomat hijau, Geng Kheaw Wan dibuat dengan rebung dan ketumbar, kemudian dicampurkan dengan daun kemangi, sehingga menjadikan masakan ini sangat istimewa. Sementara untuk kuahnya dibuat dari tomat dan daun –daunan hijau yang dibuat menjadi pasta dan dicampurkan dengan santan kental dan beragam bumbu yang khas.

Bangkok Skytrain

TRANSPORTASI DI THAILAND

Sebelum kalian memutuskan untuk perjalanan Wisata Thailand, ada baiknya untuk membaca info berikut ini mengenai transportasi di Thailand :

  • BTS (Bangkok Transit System) atau Skytrain

BTS ini adalah Transportasi di Thailand sekelas mass rapid transit (MRT) di Bangkok. Disebut juga dengan Skytrain, karena semua lintasan BTS adalah melayang (elevated), sementara dalam bahasa Thai disebut dengan rot fai fa. Saat ini, BTS baru memiliki dua jalur (line), Silom Line dan Sukhumvit Line. Silom dan Sukhumvit sendiri memang dua kawasan bisnis utama yang ada di Bangkok, sehingga dari dua kawasan inilah proyek BTS bermula. Saat ini, BTS sedang melakukan ekstensi sehingga nanti akan ada beberapa stasiun dan jalur baru. Ada kereta datang setiap 3-6 menit, harga tiketnya 15 Baht/stop, dan kereta terakhir ada di jam 23.30-23.50. Untuk turis, sebaiknya beli One-Day Pass seharga 120 Baht (Rp48.000) yang bisa kamu pakai tanpa batas.

  • Samlor & Tuktuk

Kendaraan tradisional khas Thailand ini bisa dibilang yang tertua di antara kendaraan lainnya. Samlor adalah kendaraan roda tiga yang harus dikayuh manual agar bisa jalan, kira-kira mirip Becak di Indonesia. Sedangkan Tuktuk adalah transportasi di Thailand yang mirip bajaj. Sedikit tips yang mungkin berguna untuk kalian yang mau berwisata ke Thailand, jika kalian ingin naik Tuktuk ada baiknya untuk menawar terlebih dahulu, karena biasanya jika sang supir tau kita adalah turis, maka harga dipatok cukup mahal.

  • Bus Kota dan BRT (Bus Rapid Transit) Bangkok

Ini dia salah satu transportasi masal yang dapat sedikit menghemat budget kalian selama mengunjungi Wisata Thailand. Ada seabrek jalur bus kota di Bangkok sampai ratusan, lebih banyak dari jalur Kopaja yang ada di Jakarta. Armada bus kota di Bangkok sangat bervariasi, dari bus-bus tua berlantai kayu dengan cat yang terkelupas, sampai bus-bus modern yang mulus dan memiliki kursi-kursi empuk. Bus kota dapat dinaiki dari halte atau bus stop. Bentuknya sangat sederhana, hanya sebuah assembly point (titik berkumpul) dengan sebuah papan rambu penunjuk bus stop. Pembayaran dilakukan di dalam bus, ada petugas kondektur (kadang seorang ibu paruh baya) yang akan menagih ongkos. Sedia uang dalam nominal kecil karena ongkos bus ini muraaahhh banget!

TIPS BERWISATA KE THAILAND

  • Hunting Tiket Pesawat

Apabila kamu sudah menentukan untuk mengunjungi wisata Thailand, hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari Tiket Pesawat ke Thailand. Umumnya penerbangan internasional yang langsung dari Indonesia hanya ke Bangkok saja, jadi apabila kamu hendak ke kota lain dapat menyambung dengan kereta, bus atau pesawat domestik yang melayani rute antar pulau atau antar kota di Thailand. Untuk maskapai penerbangan yang dapat kamu pilih dengan tujuan langsung ke Bangkok diantaranya Air Asia, Garuda Airlines, Thai Airlines serta Bangkok Airlines. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati wisata di Thailand.

Berapa budget untuk tiket pesawat ke Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga tiket promo atau normal.

  • Buat Itinerary

Untuk mempersiapkan perjalananmu menjelajah wisata Thailand ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dari 1 kota ke kota lain yang hendak kamu tuju atau jarak dari 1 pulau ke pulau lain yang hendak kamu jelajahi. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, ferry, speed boat atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju.

  • Persiapkan Mata Uang Baht

Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thaialnd saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.

  • Mencari Penginapan

Jika kalian backpackeran ke Thailand dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin. Namun jika tujuan kalian adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti, tentunya cari hotel murah dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kalian memperoleh hotel murah yang sesuai dengan selera kalian serta sesuai dengan budget kalian.

Rekomendasi untuk mencari hotel di Thailand baiknya carilah yang dekat dengan akses ke transportasi umum seperti kereta, bus atau tempat wisata. Buat kalian yang mau booking hotel di Thailand dapat menggunakan ezytravel.co.id untuk mencari Hotel di Thailand yang sesuai untuk kalian.