/*/*]]>*/

Yogyakarta

Tentang Yogyakarta


Jogja begitu istimewa, karena mempunyai berbagai hal menarik, mulai dari bentang alam yang strategis dengan Gunung Merapi di sisi utara dan Samudera Hindia di sisi selatan, landmark yang unik, kuliner khas, wisata Yogyakarta yang menarik, hingga orang-orangnya yang kreatif. Keistimewaan kota Yogyakarta juga didasari atas sejarah, kultur, dan tradisi Jawa-nya


Tentang Yogyakarta

tiket mudik murah

Click picture for more info

Jogja begitu istimewa, karena mempunyai berbagai hal menarik, mulai dari bentang alam yang strategis dengan Gunung Merapi di sisi utara dan Samudera Hindia di sisi selatan, landmark yang unik, kuliner khas, wisata Yogyakarta yang menarik, hingga orang-orangnya yang kreatif. Keistimewaan kota Yogyakarta juga didasari atas sejarah, kultur, dan tradisi Jawa-nya. Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara kurun tahun 1575-1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram.

Wisata Lainnya :

Pilihan Hotel Lainnya :

SEJARAH YOGYAKARTA

Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta merupakan daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri atau disebut Zelfbestuurlandschappen/Daerah Swapraja, yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, sedangkan Kadipaten Pakualaman didirikan oleh Pangeran Notokusumo (saudara Sultan Hamengku Buwono II) yang bergelar Adipati Paku Alam I pada tahun 1813.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan kepada Presiden RI, bahwa Daerah Kasultanan Yogyakarta, dan Daerah Pakualaman menjadi wilayah Negara RI, bergabung menjadi satu kesatuan yang dinyatakan sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Nama Yogyakarta terambil dari dua kata, yaitu Ayogya atau Ayodhya yang berarti "kedamaian" (atau tanpa perang, a "tidak", yogya merujuk pada yodya atau yudha, yang berarti "perang"), dan Karta yang berarti "baik".

BAHASA YOGYAKARTA

Bahasa jawa adalah bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa jawa terutama di beberapa bagian yang tersebar di pulau jawa. Salah satunya di daerah Istimewa Yogyakarta dan solo. Tingkatan Bahasa, bahasa jawa Jogja-solo punya 3 tingkatan bahasa, yaitu Ngoko (Ngoko kasar, Ngoko alus, Ngoko meninggikan diri sendiri), Madya (Madya, Madya alus), Krama (Krama andhap, Krama, Krama inggil).

Penggunaan ketiga tingkatan bahasa tersebut bisa mengungkapkan status social, kedudukan/kekuasaan/pendidikan, atau perbedaan usia lawan bicaranya. Penggunaan Bahasa Jawa ini menggunakan prinsip "andhap asor" atau rendah hati. Jadi untuk menunjuk diri sendiri biasanya tidak pernah digunakan tingkatan bahasa tertinggi karena dianggap menyombongkan diri. Sebagaimana kata "saya" yaitu "kula" yang berasal dari kata "kawula".

Jadi walaupun dalam susunan kalimat krama, penunjukkan ke diri sendiri selalu menggunakan kata yang setingkat lebih rendah, dengan kata-kata madya.

A : Piye Kabare? (Apa kabar?)

B : Apik. Hla kowe piye? (Baik. Lha kamu bagaimana?)

A : Aku ya apik. Wah, wis suwe ora ketemu ki. Kangen rasane karo kanca. ( Aku juga baik. Wah, sudah lama tidak ketemu nih. Kangen rasanya sama teman).

WAKTU TERBAIK MENGUNJUNGI YOGYAKARTA

Istana Air Taman Sari Jogja

Memang benar, mengunjungi Jogja dapat dilakukan kapan saja. Asalkan kita punya waktu, maka rasanya tak ada yang salah jika kita memutuskan untuk datang berkunjung. Meskipun demikian, tempat wisata Yogyakarta tetap memiliki waktu-waktu terbaiknya.

Long Weekend Hari Raya Nyepi

Jogja adalah rumah yang nyaman bagi umat Hindu. Lihat saja, rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi di Jogja selalu dirayakan dengan khidmat. Biasanya, rangkaian perayaan tersebut diselenggarakan di 4 tempat. Mulai dari peringatan Melasti yang diadakan di Pantai Ngobaran dan Pantai Parangkusumo, Upacara Tawur Agung di Candi Prambanan serta pawai ogoh-ogoh yang biasanya dimulai dari Pura Banguntapan. Serangkaian acara ini dapat menjadi tempat wisata Yogyakarta yang berbeda.

Mengunjungi Jogja Akhir April

cobalah datang ke wisata Jogja pada rentang waktu tanggal 15 hingga 31 April. Pada rentang waktu tersebut, terdapat banyak event yang diselenggarakan, mulai dari Pameran Lukisan Soetopo di Bentara Budaya Yogyakarta hingga LIA International Conference and Cultural Festival 2015 pada tanggal 29 April sampai 1 Mei. Selain ada banyak event, Jogja di akhir April juga masih memasuki masa low season-nya, sehingga harga penginapan, tiket masuk pariwisata dan sewa kendaraan dalam keadaan normal.

Libur Perayaan Waisak

Mengunjungi Borobudur memang istimewa. Tapi akan lebih istimewa lagi jika kita bisa melihat Borobudur tidak hanya sebagai tempat rekreasi, melainkan berubah menjadi tempat ibadah yang sakral dan suci. Pada perayaan waisak di Borobudur, hampir seluruh mata tertuju pada candi Buddha terbesar ini. Istimewanya lagi, pada malam harinya diadakan pelepasan 1000 lampion yang berisi doa dan harapan, membuat area di sekitar candi Borobudur tampak begitu indah.

Libur Lebaran

Kita bisa menyaksikan upacara Grebeg Syawal yang merupakan tradisi menyambut bulan Syawal sekaligus sebagai ungkapan syukur setelah melewati bulan puasa. Tak hanya menyaksikan arak-arakan gunungan dan melihat bagaimana gunungan-gunungan tersebut diperebutkan, kita bisa menemukan kuliner khas seperti sego gurih, endog abang dan kinang ayu yang hanya ada saat tradisi Grebeg sedang digelar.

TEMPAT WISATA YOGYAKARTA

pulau samosir medan

Bicara tentang wisata Yogyakarta sudah pasti yang sangat terkenal adalah Candi Prambanan, atau Kraton Yogyakarta, tapi taukah kalian sebagai salah satu kota dengan tujuan wisata favorit turis lokal maupun mancanegara, Yogyakarta menyimpan banyak objek wisata anti mainstream lainnya, berikut kami berikan sedikit referensi untuk kalian :

Kalibiru

Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang sedang naik daun. Tempat wisata alam Kalibiru ini berlokasi di desa wisata Kalibiru,Hargowilis ,kokap, Kulonprogo. Sekitar 2 Km dari tempat wisata Waduk Sremo. Desa wisata ini terletak di Hargowilis Kokap Kulon Progo pada ketinggian 450 Mdpl dikawasan perbukitan Menoreh.

Ada yang menarik di tempat wisata ini,selain tempatnya yang termasuk dataran tinggi yaitu spot foto yang berada di rumah pohon dengan latar belakang pemandangan Waduk Sremo. Dibantu oleh fotografer dan pemandu foto yang siap mengabadikan foto di ketinggian ini.

Watu Lumbung

Berawal dari usaha Muhammad Boy Rifai yang ingin memberdayakan masyarakat sekitar, area hutan jati ini pun diubah menjadi salah satu kawasan wisata alternatif yang menyatu dengan alam. Konstruksi-konstruksi dari bambu dan rumah-rumah sederhana berdinding kayu dibangun di antara pohon-pohon jati yang tumbuh tegak. Pohon-pohon jati yang tumbuh pun dimanfaatkan sebagai tiang-tiang penyangga konstruksi bambu. Di Watu lumbung inilah para pengunjung biasanya menghabiskan waktu menikmati keindahan pemandangan kawasan Parangtritis dari ketinggian.

Pantai Ngandong

Kalau kita bicara wisata Yogyakarta pasti kepingin mengunjungi pantainya yang indah dan eksotis bukan? Jika Pantai Parangtritis sudah terlalu biasa maka kalian harus mengunjungi pantai Ngandong di Kabupaten Gunung Kidul. Airnya yang sangat jernih membuat tempat ini asyik untuk menyelam dan melihat keindahan bawah laut pantai Yogyakarta yang indah banget.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya tak jauh dari Imogiri. Karena itu orang-orang kerap menyebutnya dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Di kawasan ini wisatawan bisa menyaksikan deretan pohon pinus yang tegak menjulang. Berhubung tidak ada transportasi publik yang melayani rute hingga kawasan hutan pinus maka wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Dari Yogyakarta bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogoro Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Mangunan – Hutan Pinus Mangunan.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Sewu.

MAKANAN KHAS YOGYAKARTA

bakpia keju kuliner yogyakarta

Selain wisata Yogyakarta jangan lupa juga Bicara makanan khas dari Jogja yang memang tidak jauh dari Gudeg, tapi taukah kalian kalau Yogyakarta itu tidak hanya ada gudeg, berikut makanan khas Yogyakarta yang dapat kamu coba :

Bakpia

Camilan tradisional khas paling populer di Jogja adalah bakpia. Dulu, bakpia hanya berisi kacang ijo yang dihaluskan. Sekarang, ada banyak varian rasa bakpia, ada cokelat, keju, durian, stroberi dan sebagainya.

Kipo

Kipo merupakan makanan khas Jogja, tepatnya dari Kotagede. Kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional di Kotagede. Bahan dasar kipo adalah tepung ketan, isinya parutan kelapa yang dicampur dengan gula kelapa. Warna hijaunya didapat dari daun suji. Rasanya legit-legit gurih.

Thiwul

Thiwul, hampir sama seperti getuk tradisional, juga terbuat dari singkong cuma berbeda sedikit di proses memasaknya. Dulu penduduk Gunung Kidul mengolah singkong menjadi thiwul pada masa penjajahan Belanda untuk mengganti beras. Thiwul juga bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional di Jogjakarta.

TRANSPORTASI DI YOGYAKARTA

bandar udara adisutjipto yogyakarta

Kereta Api

Jika kamu mau bwerwisata ke Yogyakarta pelayanan angkutan kereta api pemberangkatan, dan kedatangan berpusat di Stasiun Kereta Api Tugu untuk kelas eksekutif, dan bisnis, sedangkan Stasiun Lempuyangan untuk melayani angkutan penumpang kelas ekonomi, dan barang. Saat ini untuk meningkatkan layanan jalur Timur-Barat sudah dibangun jalur ganda (double track) dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Kutoarjo.

Trans Jogja

Untuk lokasi wisata yang terletak agak jauh dari pusat kota, kita bisa mengandalkan moda transportasi umum yang tersedia di Jogja, yakni Trans Jogja dan bus kota. Dengan menggunakan Trans Jogja, kita bisa berkeliling Jogja dan turun di tempat-tempat wisata. Biaya: Rp 3.600/orang/satu kali perjalanan (Trans Jogja), Rp 4.000 - Rp 7.000/orang (Bus Kota).

Sepeda

Selain Kota Gudeg dan Kota Pelajar, Yogyakarta juga memiliki satu julukan lain yaitu Kota Sepeda. Kota ini memiliki cukup banyak fasilitas yang bisa memanjakan para bikepacking alias backpacker bersepeda, seperti jalur khusus, papan penanda jalur alternatif, ruang tunggu khusus di tiap lampu merah, hingga rak parkir yang tersedia di beberapa tempat. Biaya: Rp 15.000/hari

Pesawat

Kalau kalian membeli tiket pesawat murah ke Yogyakarta pastinya pesawat kamu akan landing di Bandara Adisutjipto yang telah menjadi bandara internasional sejak 2004 menjadi pintu masuk transportasi udara bagi Daerah Istimewa Yogyakarta, baik domestik maupun internasional.

TIPS LIBURAN KE YOGYAKARTA

Siapkan Peta Jogja

Jika anda baru pertama kali datang ke kota siapkan peta Yogyakarta, bisa peta kertas atau memakai GPS di handphone. Paling tidak anda sudah membuka peta dan mempelajari peta Yogyakarta. Maka untuk menuju tempat lokasi penginapan anda maka setidaknya anda sudah tau bagaimana cara menuju ke lokasi tersebut.

Penginapan Murah Di Jogja

Salah satu caranya adalah mencari penginapan yang murah di Jogja. Anda bisa mencari ke Jalan Sosrowijayan untuk mendapatkan penginapan murah kelas Backpacker. Tapi alangkah lebih baik jika anda punya teman yang baik hati dan tinggal di jogja, Maka anda akan mendapatkan penginapan gratis di tempat teman anda.

Makan Murah dan Hemat

Tentunya selama anda di jogja perlu makan juga. Nah untuk makan super hemat anda bisa nongkrong di Angkringan . Cukup mengeluarkan uang sekitar 10.000 saja anda sudah kenyang.

Belanja Hemat Jangan Ragu-ragu Menawar

Jika anda ingin membeli oleh-oleh ,maka datanglah ke kawasan Malioboro dan Pasar Bringharjo. Karena di kawasan tersebut adalah pusatnya oleh-oleh khas Jogja. Anda bisa mendapatkan batik,kaos oblong khas jogja, Bakpia Murah.

Jadikan Teman Anda Menjadi Guide

Jika anda mempunyai teman di Jogja,ajaklah teman anda untuk menemai jalan-jalan. Ongkosnya paling hanya mengeluarkan uang untuk mentraktir makan. Tapi dengan adanya teman yang lebih mengerti medan di Jogja,maka anda takperlu khawatir untuk tersesat dan juga hemat waktu yang berujung hemat biaya juga.

Sekian tentang Yogyakarta beserta dengan detail lainnya, jika kalian tertarik dengan wisata Yogyakarta, kebudayaannya serta wisata kulinernya. Kalian dapat mencari tiket pesawat ke Yogyakarta, penginapan murah Yogyakarta dan paket wisata Yogyakarta yang seru bisa kalian dapatkan di ezytravel.co.id